Peselancar Rio Waida-Ketut Agus Tatap Olimpiade Paris 2024

Peselancar Rio Waida-Ketut Agus Tatap Olimpiade Paris 2024

Rio Waida. foto: budi chandra setya--

Peselancar Rio Waida-Ketut Agus Tatap Olimpiade Paris 2024

DENPASAR, oganilir.co - Dua peselancar ombak Indonesia berhasil mengamankan tiket putaran keempat ajang kualifikasi Olimpiade Paris 2024, ISA World Surfing Games 2023 di El Salvador. Mereka adalah Rio Waida dan I Ketut Agus.

Pada ISA World Surfing Games 2023, Indonesia mengirimkan total enam atlet yaitu Rio Waida, Hairil Anwar, I Ketut Agus, Lidia Kato, Taina Angel, dan Kailani Johnson.

Rio Waida dan I Ketut Agus di ISA World Surfing Games 2023 berjalan mulus ke putaran keempat, sedangkan Hairil, Lidia dan Kailani harus berjuang melalui Repechage setelah gagal menempati dua posisi teratas dalam Heat. Hairil akan berlomba di Repechage 2, Lidia dan Kailani melaju ke Repechage 3, sementara langkah Taina untuk merebut tiket Olimpiade harus terhenti di Repechage 2. Pada putaran ketiga yang disiarkan Asosiasi Surfing Internasional (ISA), Sabtu waktu setempat, Rio Waida berlomba di Heat 7 bersama tiga peselancar lainnya.

Atlet berdarah campuran Bali dan Jepang itu bersaing dengan Leonardo Fioravanti asal Italia, Che Allan wakil Barbados, dan Noel de La Torre dari Chili. Rio Waida mengumpulkan 12.17 poin melalui dua ombak terbaiknya 6.27 dan 5.90.

BACA JUGA:Dipermalukan FC Porto, Atletico Madrid Tak Hanya Terlempar dari Liga Champions tapi juga Liga Europa

Namun, catatan nilai tersebut masih kalah dari Leonardo Fioravanti dengan skor total 13.66 poin.

Meski demikian, Rio Waida berhak melaju ke putaran keempat ISA World Surfing Games 2023. Tak mau ketinggalan, I Ketut Agus menorehkan prestasinya.

Berlomba dalam Heat 10, atlet asal Bali itu berkompetisi dengan Jordy Smith dari Afrika Selatan, Giorgio Gomez asal Colombia, dan Bryan Perez wakil tuan rumah. I Ketut Agus meraih nilai 12.10 poin, hanya berselisih 1.23 poin dari Jordy Smith yang memimpin Heat. I Ketut Agus bakal berkompetisi di Heat 5 pada putaran keempat. Rio Waida di lain sisi akan berlomba di Heat 4 pada putaran keempat bersama dengan salah satunya adalah peselancar Peru yang merupakan Olimpian Tokyo 2020, Lucca Mesinas.

Rio Waida tembus 16 besar dalam ajang olahraga tertinggi di dunia itu.

Sebelumnya, Rio Waida meraih perak dalam ISA World Surfing Games 2022 yang digelar di Huntington Beach, California, AS, September lalu.

Rio Waida nyaris mengamankan satu slot putra di Olimpiade Paris 2024 setelah menempati peringkat kedua. 

 

Sumber: