Tips Merawat Tanaman Bonsai, Ini Caranya ?

Minggu 17-12-2023,15:40 WIB
Reporter : admin oganilir.co
Editor : Sardinan

Harus Tekun dan Sabar, Kunci Merawat Tanaman Bonsai 

OGANILIR.CO-Di Ogan Ilir  ada namanya  Komunitas Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Ogan Ilir . Mereka merupakan pencinta dan penghobi  dalam membuat dan memelihara tanaman kerdil alias Bonsai. 

Puluhan tanaman bonsai tertata dengan rapi terlihat dihalaman salah satu anggota PPBI Ogan Ilir di pinggir jalan lintas Timur  Palembang-Indralaya (Jalintim Palindra) Km 30 Kelurahan Timbangan Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir , atau tepatnya Rumah Makan Tahu Sumedang Lingga Sari 2.

Dia adalah Irawan Hermawan, yang biasa  disapa Ahen, kelahiran Sumedang Jawa Barat 1982 ini.

BACA JUGA:Sambut HUT Kota Prabumulih ke-22, 300 Tanaman Bonsai Hiasi Pelataran Citimall

Ahen mengaku , saat ini sudah punya 50 koleksi tanaman Bonsai dengan berbagai jenis dan karakter ,’’Kalau soal hobi menjadi pencinta tanaman bonsai sudah lama, namun terbentuknya Komunitas sudah beberapa tahun lalu ,’’kata Ahen yang hijrah  ke Bumi Caram Seguguk sejak tahun 2005.

Saat ini kata Ahen, para pencinta dan penggemar tanaman bonsai yang tergabung di PPBI ada 50 orang, mereka tersebar di berbagai Kecamatan, mulai dari Kecamatan Payaraman, Tanjung Batu , Indralaya Induk, Indralaya Utara dan beberapa kecamatan lainnya,’’Rata-rata penggiat tanaman bonsai rata-rata memiliki 20 koleksi, artinya kalau dikalkulasikan 1000 koleksi tanaman bonsai,’’ujarnya

Komunitas PPBI yang didirikan ini lanjut Ahen , tidak abal-abal, justru mengantongi sertifikat dari Kementrian Hukum dan HAM RI,’’ Itu Sertifikatnya kami pajangkan,’’katanya sambil  telunjuknya mengarahkan  pada sebuah dinding , sertifikat itu di  bingkai dan dipajangkan.

BACA JUGA:Pohon Bonsai Ratusan Juta Ikut Lomba Sudah Dipajang di Taman Kota Prabujaya Prabumulih, Jumlahnya 700 Pohon

Dijelaskan Ahen, untuk membuat tanaman bonsai, memang dibutuhkan ketelatenan, tekun dan sabar,’’Karena proses memakan waktu, tidak instan,  ada sampai 5 tahun paling lama, 3 tahun juga ada, makanya harus tekun dan sabar,’’lanjut.

Untuk bahan baku membuat tanaman bonsai, di Ogan Ilir sangat mendukung,’’Di Ogan Ilir ini banyak kayu serpang, kayu inilah yang kebanyakan digunakan untuk tanaman bonsai dengan yang bisa didapat  dirawa-rawa berupa dongkelan (Bonggol kayu),’’tuturnya

Dari dongkelan kayu serpang yang berkarakter inilah,dibuat dan dibentuk  sesuai dengan keinginan (Seni Berimajinasi)  si pembuatnya .

BACA JUGA:Bulan Depan Honda Pastikan Merilis Motor Listrik Baru

“Kalau ditanya berapa biaya untuk membuat tanaman bonsai ? sulit kita jawab, karena dalam membuat tanaman bonsai  tidak boleh dihitung-hitung berapa cost yang akan dikeluarkan, ini menyangkut seni dan rasa puas bila tanaman bonsai tumbuh dengan sempurna dan berkarakter,’’lanjutnya 

Lalu berapa nilai jual tanaman bonsai itu sendiri ? Ahen mengatakan, tinggi rendahnya harga tanaman bonsai , tergantung dari cantik dan indahnya  penampilan, gaya bonsai, keunikannya dan lainnya,’’Tapi yang banyak dicari tanaman bonsai yang menyerupai alam aslinya, dengan bahan baku dari kayu serpang, kayu asam, anting putri,  cendrawasih,’’jelasnya 

Kategori :