Lewat Ajang 3D Satble Gandus Palembang Siap Menjaring Atlet Terbaik Berkuda Asli Daerah Sumatera Selatan

Minggu 20-11-2022,16:30 WIB
Editor : Julheri

PALEMBANG, OGANILIR.CO - Perkembangan olahraga berkuda makin semarak di Indonesia khususnya Sumsel. Hal itu membuat Gubernur Sumsel Herman Deru bangga.

Olahraga berkuda yang dulunya hanya di dominasi di Pulau Jawa, kini merambah ke luar Jawa. Sumsel salah satunya. Deru mengatakan, ada berbagai perspektif memandang olahraga berkuda secara luas.

Ada yang menilai olahraga berkuda ini Sunnah Rasul, lalu ke gaya hidup. “Tapi apapun itu kami sebagai pengurus Fordasi Sumsel patut bersyukur dan bangga paling tidak ada efek dari perkembangan berkuda saat ini,” kata Herman Deru saat membuka Kejuaraan Berkuda Piala Gubernur Sumsel di 3D Satble Gandus Palembang, Sabtu, 19 November 2022.

BACA JUGA:Untung Sudah Dikosongkan Sejak Lama, Atap Bangunan SDN Bantar Jati 9 Kota Bogor Ambruk, Lihat Penampakkannya

Dengan perkembangan berkuda yang cukup pesat saat ini, sambungnya,  paling tidak ada efek lain. Seperti rekrutmen tenaga kerja, aktivis-aktivis berkuda termasuk pengetahuan tentang teknis olahraga berkuda. “Bahkan efek ekonomi yang mengembangkan kuda itu sendiri,” lanjutnya.

“Inilah salah satu tanggugjawab moril kita dengan menyemarakan olahraga berkuda ini. Yakni dengan cara kompetisi -kompetisi dari berbagai tingkatan baik amatir dan profesional,”ungkapnya.

Deru mengharapkan olahraga berkuda ini menjadi bagian sesuatu yang tidak terpisahkan dari kegiatan sehari-hari.  “Jadi bisa juga kuda ini hiburan dan sekaligus alat transportasi bagi masyarakat yang menginginkannya,” tutupnya.

BACA JUGA:PAW Anggota DPRD Kota Palembang Disoal Dewi Ratih Anggraini: KPU Kota Palembang Diduga Melanggar Kode Etik

Ketua Harian Pordasi Sumsel, Ratu Tenny Leriva menambahkan, ini jadi sebuah perkembangan dunia berkuda di Sumsel. Melalui kompetisi lanjutnya, sebagai upaya dalam menjaring dan mencetak atlet berkuda asli Sumsel. “Target kami tentu atlet ini dapat bertanding pada tingkat nasional bahkan internasional,” ujarnya.

Sementara, Kadispora Sumsel, Rudi Irawan mengatakan kejuaraan berkuda ini bertujuan untuk memasyarakatan olahraga. Sehingga memberikan ruang dan waktu para raider untuk meningkatkan prestasi olahraga berkuda serta mencetak atlet berkuda di daerah yang berkualitas.  “Peserta kejuaraan ini diikuti kurang lebih 60 orang yang bersaal dari Sumsel hingga luar daerah,”pungkasnya. (vis/gsm)

 

Kategori :