Mobil Anda Menggunakan Oli Palsu? ini Dampaknya

Jumat 12-07-2024,13:22 WIB
Reporter : Dendi Romi
Editor : Dendi Romi

Mobil Anda Menggunakan Oli Palsu? ini Dampaknya

JAKARTA, oganilir.co - Salah satu perawatan mesin mobil yang wajib dilakukan adalah mengganti oli. Pemilik mobil baru biasanya mengganti oli mobilnya pada bengkel resmi yang sudah pasti kualitas dan keaslian olinya terjamin. 

Namun bagi pemillik mobil yang mengganti oli di bengkel umum sering didapati menggunakan oli palsu. Sering terjadi oknum pemilik bengkel umum menggunakan oli palsu. Tentu kejadian ini merugikan pemilik mobil. 

Penggunaan oli palsu sangat berbahaya bagi kesehatan mobil, terutama pada komponen mesin. Hal tersebut akan mempengaruhi performa mobil ketika berkendara di jalan.

Lalu, apa saja dampak yang ditimbulkan dari oli palsu? Berikut penjelasannya.

BACA JUGA:Mobil Minibus Muatan Satu Keluarga Ditabrak Tronton dari Belakang

Dampak Menggunakan Oli Palsu

Ada sejumlah dampak yang ditimbulkan dari penggunaan oli palsu untuk mesin mobil. Dilansir laman Suzuki, berikut sejumlah dampaknya

1. Tarikan Mesin Terasa Berat

Dampak yang paling mudah dirasakan adalah tarikan mesin terasa lebih berat. Hal ini terjadi karena oli palsu menghasilkan endapan kotoran yang membuat komponen di dalam mesin, seperti piston, klep, dan lain sebagainya tidak bisa berfungsi secara optimal.

2. Mesin Cepat Panas

Oli palsu tentunya tidak bekerja secara optimal dibandingkan oli asli bawaan pabrikan. Dalam jangka panjang, penggunaan oli palsu menyebabkan mesin jadi cepat panas (overheat).

BACA JUGA:Hindari Mobil di Depan, Truk Banting Setir dan Tabrak Rumah, Sopir dan Penumpang Alami Luka

Kondisi itu disebabkan karena oli palsu tidak mampu memberikan pelumasan yang maksimal di mesin. Alhasil, terjadi gesekan antara komponen hingga menimbulkan panas yang berlebihan pada mesin.

3. Mesin Mobil Sulit Dihidupkan

Kategori :