Jalintim Palembang-Betung Dipasang Mata Kucing, ini Fungsinya

Rabu 31-07-2024,15:12 WIB
Reporter : Aqda
Editor : Dendi Romi

Jalintim Palembang-Betung Dipasang Mata Kucing, ini Fungsinya

BANYUASIN, oganilir.co - Jalan Lintas Timur (Jalintim) Palembang-Betung agak sedikit berbeda. Setelah jalan lintas Sumatera itu, terpasang cats eye atau lebih dikenal mata kucing.

"Kalau tidak salah hampir satu bulan terpasang di Jalan Lintas Timur, Palembang - Betung," kata Roni, warga Kota Pangkalan Balai.

Roni menambahkan kalau tidak salah alat itu adalah cats eye atau lebih dikenal mata kucing."Kalau tidak salah mata kucing," ujarnya.

Mata kucing itu sendiri kata Roni bertujuan untuk sebagai pemantul cahaya saat malam hari, sehingga pengendara bisa lebih mudah melihat batas antar lajur, maupun batas jalan dengan median median jalan. "Kalau tidak salah itu fungsinya," jelasnya.

BACA JUGA:Mirna Diseruduk Bus AKAP di Jalintim Palembang-Betung

Kemudian juga bukan hanya sebagai aksesoris, pemasangan mata kucing itu ada dasar hukumnya yaitu Peraturan Menteri No 34 tahun 2014. "Pemantul cahaya berwarna putih untuk melengkapi marka membujur utuh pada sisi kanan jalan," tuturnya.

Diharapkan tidak hanya mata kucing itu saja terpasang di Jalan Lintas Timur, Palembang- Betung. "Tapi juga sarana dan prasarana lainnya seperti rambu lalu lintas, dan lainnya," ucapnya.

Tentunya itu sebagai tanda kepada pengendara dalam berkendaraan di jalan lintas Timur Palembang Betung. "Sehingga menekan angka kecelakaan," imbuhnya.

Sementara itu Mulyanto, kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banyuasin mengatakan kalau alat yang dipasang di Jalan Lintas Timur, Palembang Betung adalah mata kucing."Dipasang oleh Balai Besar," kata Mulyanto.

BACA JUGA:Ini Spesifikasi Kawasaki Ninja 250 RR Milik Anak Anggota DPRD Banyuasin Kecelakaan di Jalintim

Untuk fungsinya memancarkan sinar di malam hari sehingga pengemudi ada panduan batas pinggir jalan.

Kategori :