Huawei Mate XT Meluncur, Ponsel Lipat yang Dibekali Performa Tangguh Kirin 9010 5G

Kamis 12-09-2024,21:30 WIB
Editor : Eni Nurhayati

oganilir.co - Kini kabarnya Huawei telah resmi merilis ponsel lipat terbarunya, yaitu Huawei Mate XT pada Selasa 10 September 2024.

Hp kelas flagship ini mengeklaim mekanisme lipatan layar seperti ini menjadikan Mate XT ponsel lipat pertama di di dunia yang layarnya bisa dilipat tiga kali.

Supaya bisa dilipat tiga, layar utama Huawei Mate XT, yang memiliki panel OLED rasio 16:11 dengan ukuran 10,2 inci dan resolusi 2.232 x 3.184 piksel, ditopang dengan dua buah engsel (hinge) yang bisa membagi layar ponsel menjadi tiga bagian.

Engsel ini diletakkan di sepertiga bagian kiri dan kanan layar utama yang sudah dilindungi dengan kaca ultra thin.

BACA JUGA:Huawei P20 Smartphone Flagship Killer Terbaik, Cek Spesifikasi dan Harga Terbarunya

BACA JUGA:Huawei Nova 11 SE, Smartphone Mid Range yang Wajib Dipilih

Nah, komponen engsel di bagian kiri perangkat layar bisa membuat layar dilipat keluar (outward), sedangkan engsel di bagian kanan layar bisa melipat layar ke dalam (inward), sama seperti fungsi engsel di Galaxy Z Fold 6.

Huawei menyebut dimensi ketebalan ponsel ini cukup tipis dengan 3,6-4,8 mm ketika layar dibentangkan, dan 12,8 mm ketika ponsel dilipat sepenuhnya. 

Pada sektor fotografinya Huawei Mate XT dibekali dengan tiga kamera belakang yang diimuat dalam modul berbentuk segi delapan. 

Ketiga kamera ini masing-masing memiliki resolusi 50 MP (f/1.4-4.0, PDAF, OIS), 12 MP (f/3.4, telefoto, 5,5x optical zoom), dan 12 MP (f/2.2, ultrawide). Kamera utama ponsel ini memiliki variable aperture. 

BACA JUGA:Huawei P40 Pro Plus Turun Drastis, Hp Flagship yang Dibekali Layar OLED dan Punya Zoom Optical 10x

BACA JUGA:Dibekali Sensor Sony IMX989 dan Peningkatan Ultrawide, Huawei P70 Series Bakal Puncaki Kualitas Kamera Terbaik

Sehingga, bukaannya bisa diatur dari bukaan f/1.4 - 4.0, sesuai dengan intensitas cahaya yang masuk ke dalam lensa kamera. Pada bagian depan, terdapat satu kamera 8 MP (f/2.2) yang dimuat di bagian kiri atas layar utama.

Pada aspek performa, Huawei belum mengungkap chipset yang dipakai ponsel layar lipat tiga terbarunya ini. Konon, "otak" yang dipakai perangkat ini adalah Kirin 9010 5G yang juga dipakai ponsel flagship Huawei Pura 70 Series. Sebab, Mate XT juga sudah mendukung fitur komunikasi via satelit. 

Chipset tersebut dipadukan dengan RAM 16 GB serta media penyimpanan (storage) dengan tiga opsi, yaitu 256 GB/512 GB/1 TB. 

Tags :
Kategori :

Terkait