Resmi , 40 Anggota DPRD Ogan Ilir Dilantik

Rabu 18-09-2024,15:40 WIB
Reporter : DNN
Editor : Sardinan

OGANILIR.CO-Sebanyak 40 orang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir terpilih, periode 2024-2029 resmi dilantik, Rabu 18 September 2024.

Pelantikan dengan cara pengambilan sumpah dan janji melalui sidang Sidang Paripurna Istimewa XIV DPRD Kabupaten Ogan Ilir Tahun sidang 2024, dipimpin Wakil Ketua I DPRD Ogan Ilir Wahyudi Marwan didampingi  Wakil Ketua II Ahmad Syafei.

Dari 40 anggota DPRD Ogan Ilir yang dilantik, didominasi dengan para anggota DPRD wajah baru, yakni terdiri 22 anggota DPRD baru dan 18 anggota DPRD wajah lama  yang kembali terpilih.

BACA JUGA:Sebar 700 Undangan, Persiapan Pelantikan Anggota DPRD OKI Sudah Siap 90 Persen

Pelantikan berlangsung di ruang sidang utama gedung Paripurna DPRD Ogan Ilir Komplek Perkantoran Terpadu (KPT) Tanjung Senai Indralaya Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan, (Sumsel)

Pengucapan sumpah dan janji dipimpin oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri (PN) Kayuagung  Agung Nugroho SH,MH.

Hadir Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar, Anggota DPRD Sumsel dari Partai Gerindra yang juga Ketua DPD Partai Gerindra Sumsel , Kartika Sandra Desi .

BACA JUGA:18 September 2024, 40 Anggota DPRD Ogan Ilir Dilantik, Ini Dia Nama-Namanya !

Ada yang menarik dari acara pengambilan sumpah dan janji DPRD Ogan Ilir, dari 22 anggota DPRD Ogan Ilir yang tidak terpilih lagi, ada satu anggota DPRD Ogan Ilir periode 2019-2024 yang tetap hadir menyaksikan pengambilan sumpah dan janji, yakni H Husnul Anam dari Partai PKS, dia terlihat berada di kursi DPRD lainnya 

“Wah ini Husnul Anam Luar Biasa , berjiwa besar, meski tidak terpilih lagi , tapi tetap hadir menyaksikan sumpah dan janji anggota DPRD,’’kata beberapa undangan berkomentar.

Sementara Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar ketika diberikan kesempatkan untuk menyampaikan sambutannya dengan membacakan sambutan Mendagri RI mengucapkan selamat kepada seluruh anggota DPRD Ogan Ilir yang dilantik

BACA JUGA:Diantar Ratusan Pendukung, Anggota DPRD OKI Terpilih ini Berjalan Kaki Hadiri Pelantikan

Dengan dilantikannya anggota DPRD sebagai mitra sejajar dan mitra kerja dengan eksekutif dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tugas  fokok dan pungsinya .

“DPRD dalam menjalankan tugas diawasi oleh penegak hukum, seperti KPK, BPKP, dan badan hukum lainnya,’’ujar Mendagri .

Dan dalam waktu dekat ini Pilkada serentak bakal berlangsung, suksesnya pemilu 2024 merupakan tanggung jawab bersama, DPRD dapat memberikan dukungan tentang pengawasan pelaksanaan Pemilu 2024.

Kategori :