580 Anggota DPR RI Dilantik, Ketua Jatah PDIP

Selasa 01-10-2024,11:05 WIB
Reporter : Dendi Romi
Editor : Dendi Romi

BACA JUGA:Putra Bupati OKI Resmi Jadi Anggota DPRD Sumsel, ini Profilnya

"Ya kan kita sudah sama-sama tahu bahwa dalam periode ini tidak ada perubahan UU MD3 sehingga pimpinan DPR tentunya mengacu pada UU MD3 yang masih berlaku pada saat ini," kata Dasco di gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Senin (30/9/2024).

Dengan begitu, kata dia, ketua DPR periode selanjutnya akan diutus oleh partai politik (parpol) pemenang Pileg 2024. Diketahui, PDIP menjadi partai dengan suara terbanyak di pileg lalu.

"Ya tentunya kalau melihat UU MD3 paket pimpinan itu sudah diatur dengan ketentuan paket pimpinan pemenang satu, kedua, ketiga, keempat dan kelima yang nanti akan diusulkan oleh masing-masing fraksi nama-namanya dan langsung ditetapkan," ujar Dasco.

Sementara itu, Ketua DPP PDIP Said Abdullah buka suara terkait kursi Ketua DPR RI untuk PDIP berdasarkan perolehan kursi DPR RI terbanyak di Pileg 2024. Dia menyebutkan keputusan di kalangan internal PDIP bahwa Puan menjadi calon final ketua DPR RI selanjutnya.

BACA JUGA:Catat, ini Nama-Nama Anggota DPRD Sumsel yang Dilantik Hari ini

"Insyaallah kalau dari PDI Perjuangan final calonnya tunggal Ibu Puan Maharani," kata Ketua DPP PDIP Said Abdullah di gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Senin (30/9/2024).

Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI itu memastikan keputusan itu telah final. "Sudah selesai, final," ujarnya.

 

Kategori :