4 Tips Agar Tanaman Hias Sering Berbunga

Rabu 02-10-2024,19:00 WIB
Editor : Eni Nurhayati

oganilir.co - Tanaman hias berfungsi untuk mempercantik rumah dengan meletakkannya sebagai dekorasi di ruangan, teras, atau halaman. 

Jika Anda menyukai jenis tanaman hias yang berbunga, tentu memerlukan perhatian ekstra. Sebab, tanaman hias itu daya tariknya terletak pada bunganya yang mekar dan rimbun.

Salah satu daya tarik dari tanaman bunga yaitu bentuk dan warna bunga yang beragam. Tanaman hias ini biasanya ditempatkan di halaman rumah. Secara alami, tanaman tersebut akan berbunga di waktu tertentu. Akan tetapi, akibat beberapa faktor sering kali tanaman hias sulit berbunga.

Berikut ini ada 4 tips agar tanaman hias sering berbunga sesuai yang diinginkan :

BACA JUGA:Cocok Buat yang Sibuk, 3 Tanaman Hias yang Tak Perlu Disiram Setiap Hari

BACA JUGA:4 Tanaman Hias yang Bisa Menyerap Polusi dalam Rumah, Salah Satunya Palem Bambu

1. Media Tanam

Media tanam yang tepat akan mempengaruhi pertumbuhan dan produktivitas tanaman. Media tanam harus disesuaikan dengan sifat dan karakteristik tanaman yang ditanam. 

Sebaiknya gunakan media tanam yang mengandung banyak unsur hara, tidak terlalu padat, memiliki aerasi yang baik, bersifat porous, bisa menahan pertumbuhan akar, dan tidak menjadi inang untuk hama dan penyakit tanaman.

2. Penyiraman

BACA JUGA:3 Rekomendasi Tanaman Hias Gantung yang Bisa Hidup di Ruang Minim Cahaya

BACA JUGA:3 Manfaat Daun Pucuk Merah, Tanaman Hias yang Berkhasiat untuk Kesehatan

Semua tanaman hias secara alami membutuhkan air untuk hidup dan tumbuh. Namun, perlu diingat bahwa setiap tanaman hias membutuhkan penyiraman dengan frekuensi dan kadar air yang berbeda-beda pula.

Penyiraman secara teratur, tidak berarti harus menyiram tanaman sebanyak 2 hari sekali atau sehari sekali. Acuan dalam penyiraman teratur, yaitu upaya agar kondisi tanah tetap lembap, tetapi tidak terlalu basah.

3. Pemupukan

Tags :
Kategori :

Terkait