5 Cara Merawat Tanaman Hias yang Benar di Musim Hujan

Jumat 04-10-2024,21:37 WIB
Editor : Eni Nurhayati

oganilir.co - Ketika musim hujan, sebagian tanaman mungkin akan layu karena terlalu banyak menyerap air. Oleh karena itu perlu mengetahui bagaimana cara merawat tanaman di musim hujan agar tanaman tetap tumbuh subur.

Musim hujan adalah waktu terbaik untuk menanam, karena suhu dan kelembapan yang rendah. Musim hujan memberikan potensi pertumbuhan ke akarnya. Tanaman hias  dapat menyerap kelembapan di udara dan menghilangkan kelebihan sinar matahari yang dimiliki di musim panas.

Untuk itu, kenali cara merawat tanaman yang benar khususnya pada musim hujan agar tak cepat layu.

Air hujan merupakan irigasi alami yang baik bagi tanaman. Airnya mengandung lebih banyak oksigen dan tidak menyimpan bahan kimia seperti klorin yang banyak ditemukan di air ledeng biasa.

BACA JUGA:3 Tanaman Hias yang Dapat Mengharumkan Kamar Mandi

BACA JUGA:Tips Merawat Tanaman Bonsai, Ini Caranya ?

Berikut ini ada 5 tips merawat tanaman hias saat musim penghujan :

1. Kurangi Penyiraman

Melakukan penyiraman secara berlebihan dapat memengaruhi kesuburan tanah dan mungkin membuat tanaman hias tidak bertahan lama. 

Memberikan air terlalu banyak, terutama di musim hujan, membuat akar tanaman cepat membusuk dan akhirnya menyebabkan kematian.Curah hujan yang tinggi membuat debit air yang diberikan pada tanaman outdoor menjadi lebih banyak dari biasanya. Air hujan juga dapat menyebabkan menghilangkan nutrisi tanah karena terhanyut dari tanah.

2. Cek Drainase Pot

BACA JUGA:Ingin Rumah Bebas Nyamuk? Coba Tanam 9 Tanaman ini

BACA JUGA:5 Jenis Tanaman ini Sering Dikonsumsi Manusia Ternyata Mengandung Sianida

Jika melihat air tergenang di dalam pot, cek lagi sistem drainasenya. Jika bagian bawah pot tidak dilengkapi dengan lubang, maka harus dicek dan membuang air secara teratur. Sebab, air yang menggenang di dalam pot bisa meningkatkan risiko berkembangnya nyamuk penyebab demam berdarah.

3. Cukup Sinar Matahari

Tags :
Kategori :

Terkait