Ini 5 Penyebab Pohon Jambu Air Tidak Berbuah

Kamis 10-10-2024,17:19 WIB
Reporter : Kz
Editor : Karandas

oganilir.co - Jambu air adalah tumbuhan dalam suku jambu-jambuan atau Myrtaceae yang berasal dri Asia Tenggara. Jambu air sebetulnya berbeda dengan jambu semarang (Syzygium samarangense), kerabat dekatnya yang memiliki pohon dan buah hampir serupa. Beberapa kultivarnya bahkan sukar dibedakan, sehingga keduanya kerap dinamai dengan nama umum jambu air atau jambu saja. 

Tanaman jambu air memiliki buah dengan bentuk seperti lonceng yang mengerucut dan berbentuk ketas yang memiliki warna hijau. Warna ini akan berubah dengan usia buah tersebut, saat masih muda akan berwarna hijau muda sedangkan saat matang akan berwarna merah tua. Jambu air mudah ditanam dan dibudidaya.

Memahami penyebab pohon jambu air tidak berbuah sangat penting agar petani dapat melakukan tindakan perbaikan dengan tepat. Berikut ini adalah lima penyebab umum yang sering terjadi.

BACA JUGA:4 Buah-buahan yang Bisa Atasi Jerawat, Dijamin Ampuh

1. Faktor Iklim 

Salah satu faktor yang memengaruhi adalah kondisi iklim yang tidak sesuai. Pohon jambu air membutuhkan suhu dan kelembaban yang ideal untuk berbunga dan menghasilkan buah.

Jika suhu terlalu dingin atau kelembaban terlalu rendah, proses pembentukan bunga dapat terganggu. Hal tersebut dapat membuat tanaman tidak mampu menghasilkan buah yang diharapkan. 

2. Pemupukan yang Tidak Tepat

BACA JUGA:Catat, ini 4 Manfaat Buah Cempedak Bagi Kesehatan

Pemupukan yang tidak sesuai juga menjadi salah satu faktor yang tidak boleh diabaikan. Pemupukan yang berlebihan atau kekurangan nutrisi dapat menghambat pertumbuhan buah.

Penggunaan pupuk yang kaya akan nitrogen memang baik untuk pertumbuhan daun. Namun jika terlalu banyak, maka akan menghambat produksi bunga dan buah.

3. Kurangnya Paparan Sinar Matahari

Pohon jambu air membutuhkan paparan sinar matahari yang cukup untuk melakukan fotosintesis secara optimal. Jika pohon ditanam di area yang ternaungi oleh bangunan atau pohon lain, proses fotosintesis akan terganggu.

Kategori :