2 Tips Agar Buah Alpukat Tidak Mudah Rontok, Solusi Panen Melimpah

Senin 14-10-2024,18:57 WIB
Reporter : Kz
Editor : Karandas

oganilir.co - Alpukat telah mendapatkan reputasi sebagai "superfood" karena kandungan nutrisinya yang kaya dan manfaatnya yang luar biasa untuk kesehatan.

Buah ini kaya akan lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral, menjadikannya pilihan populer bagi mereka yang peduli dengan kesehatan.

Alpukat sering digunakan dalam berbagai hidangan, mulai dari salad, sandwich, hingga smoothie, atau dimakan begitu saja sebagai camilan yang sehat.

Dengan manfaat yang melimpah untuk kesehatan dan nilai jual yang tinggi, tak khayal jika buah alpukat selalu dibudayakan.

BACA JUGA:4 Tanaman Buah yang Tahan di Musim Kemarau

Untuk mengatasi buah alpukat yang rontok, berikut dua cara agar buah alpukat tidak mudah rontok, solusi panen melimpah:

1. Pemupukan 

Cara pertama dilakukan ketika pohon alpukat mulai berbunga dan mulai muncul bakal buah dengan mencukupi kebutuhan pupuk pada tanaman.

Pemupukan ini akan berfokus pada akar tanaman. Lakukan pemupukan berjarak 1 meter dari pohon, berikan pupuk di sekeliling tanaman.

BACA JUGA:Ini 5 Penyebab Pohon Jambu Air Tidak Berbuah

Penanaman bisa memberikan pupuk yang mengandung Phosphor dan Kalium yang tinggi untuk membantu proses pembuahan.

Kamu bisa gunakan pupuk anorganik seperti SP36/ TDP 46+KCL, atau MKP + KN02 Putih. Kedua pupuk ini akan bermanfatt untuk pembuahan dan penguatan agar buah tidak mudah rontok.

Sedangkan jika menggunakan pupuk organik kamu bisa menggunakan kotoran hewan pemakan buah atau biji-bijian seperti kotoran ayam, burung atau kelelawar.

2. Hentikan pertumbuhan vegetatif tanaman alpukat

Kategori :