5 Khasiat Semangka untuk Kesehatan, Wanita Harus Tahu!

Selasa 22-10-2024,20:03 WIB
Editor : Eni Nurhayati

Kandungan vitamin A, vitamin C, dan antioksidan likopen memengaruhi manfaat buah semangka untuk kesehatan mata. Ketiga nutrisi ini dapat mencegah risiko menurunnya kemampuan penglihatan karena faktor usia, seperti katarak dan degenerasi makula.

BACA JUGA:Ini 3 Manfaat Pare Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

BACA JUGA:Meski Bau, Ternyata ini 3 Khasiat Petai Bagi Kesehatan yang Harus Anda Tahu

Semangka dapat mencegah degenerasi makula pada mata. Khasiat yang satu ini diperoleh dari likopen yang ditemukan berlimpah pada buah semangka. Menurut penelitian, likopen terbukti dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia atau AMD. AMD sendiri adalah gangguan pada mata yang bisa memicu  kebutaan pada lansia.

4. Meringankan Nyeri Otot

Sebuah penelitian yang dimuat di Journal of Agricultural and Food Chemistry mengatakan bahwa jus semangka dapat mengurangi nyeri otot yang biasa terjadi setelah berolahraga. Manfaat semangka yang satu ini ternyata diperoleh dari kandungan citrulline yang ada di dalam semangka.

5. Menyuburkan Kandungan

BACA JUGA:5 Manfaat Jambu Mete Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Dapat Mencegah Anemia

BACA JUGA:8 Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan Wanita, Nomor 3 Wajib Tahu

Senyawa asam folat tinggi dalam buah semangka baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini membuat manfaat buah semangka dapat menyuburkan kandungan dan mencegah terjadinya cacat fisik dan juga saraf pada bayi. 

Manfaat tersebut bisa lebih maksimal jika buah semangka diolah menjadi jus lebih dulu. Mengolahnya menjadi jus akan membuat nutrisinya lebih mudah diserap oleh tubuh. Jika perlu pisahkan bijinya terlebih dahulu.

Tags :
Kategori :

Terkait