Buka Semnas AVoEr 16, ini Rektor Unsri untuk Peserta

Jumat 25-10-2024,11:14 WIB
Reporter : Dendi Romi
Editor : Dendi Romi

PALEMBANG, oganilir.co - Seminar nasional (Semnas) AVoEr 16 (Aplicable Innovation of Engineering and Science Research) digelar Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya (Unsri) di ballroom Hotel Aryaduta Palembang, Kamis 24 Oktober 2024.

Seminar mengusung tema "Akselerasi dan Eskalasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Menuju Net Zero Emission 2060". Rektor Unsri Prof Dr Taufiq Marwa SE MSi membuka seminar tersebut.

Rektor Unsri Prof Dr Taufiq Marwa SE MSi dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada para narasumber yang telah bersedia hadir untuk memberikan ilmunya dan memberikan wawasan yang sangat berharga dalam upaya mencapai target Net Zero Emission 2060. Mereka adalah Prof Dr Eng Eniya Listiani Dewi, B.Eng., M.Eng. dari Kementerian ESDM yang diwakili oleh Koordinator Pelayanan dan Bimbingan Usaha Panas Bumi /Inspektur Panas Bumi Budi Hendriyanto S.E. Selanjutnya Ir. Daryanto, S.T., M.Sc., QRGP., IPM dari PT. Indonesia POWER, kemudian Dr. Ariansyah Batubara, S.T., M.T. dari Dinas ESDM Sumatera Selatan, serta Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff, M.SCE., MKU., IPU., ASEAN.Eng. APEC.Eng. selaku Ketua PII Sumsel dan Dr. Ir. David Bahrin, M.T. dari Universitas Sriwijaya.

BACA JUGA:Kapolres Ogan Ilir - Rektor Unsri, Bahas Pilkada dan Kerja Sama Pengamanan

"Terima kasih kepada narasumber yang telah menyempatkan waktunya untuk berbagi ilmu dan wawasan kepada kita," kata Taufiq Marwa.

Dia berharap kegiatan seminar nasional ini dapat bermanfaat bagi peserta, bagi fakultas teknik dan bagi Unsri sendiri, juga bermanfaat bagi Provinsi Sumatera Selatan, serta bagi bangsa dan negara.

"Tadi ngobrol-ngobrol dengan Budi bahwa di masa pemerintahan baru ini dua bidang yang sangat diprioritaskan oleh Presiden RI yaitu ketahanan pangan dan energi jadi cocok sekali apa yang akan di seminarkan ini, mudah-mudahan bisa mendukung program-program pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan juga mendukung kesuksesan pemerintahan," ujarnya 

Dengan mengikuti seminar, lanjut Taufiq Marwa, peserta bisa saling bertukar pikiran dan berdiskusi dengan narasumber. “Mudah-mudahan mendapatkan inovasi-inovasi baru, hal-hal yang baru, jalan keluar yang baik terhadap permasalahan-permasalahan yang kita hadapi termasuk di dalamnya sesuai dengan tema yang dipilih oleh panitia yaitu Akselerasi dan Eskalasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Menuju Net Zero Emission 2060. Mudah-mudahan tujuan dari Seminar ini bisa tercapai dengan baik,” imbuhnya.

BACA JUGA:Menyambut Masa Depan Cerdas, Unsri Gelar Program Literasi Numerasi Intensif

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik Unsri, Dr Bhakti Yudho Suprapto, S.T., M.T. menyatakan bahwa seminar ini merupakan forum yang sangat penting khususnya bagi dosen dan peneliti. Menurutnya seminar ini tidak hanya berbagi ilmu pengetahuan tetapi juga berkolaborasi bersama untuk mencapai dan mensukseskan program-program dari pemerintah yaitu pembangunan yang berkelanjutan.

“Saya ucapkan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh narasumber yang telah berkenan hadir pada hari ini, yang berkenan berbagi ilmu, sharing ilmu serta pengalamannya kepada kita semua,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak khususnya para sponsor, panitia dan semua pihak yang telah turut mensukseskan acara Seminar Nasional AVoER 16. “Terima kasih juga kepada seluruh pemakalah yang telah bersedia untuk mengirimkan makalahnya kepada kami, seminar AVoER ini adalah seminar AVoER ke 16, berarti kita sudah selama 16 tahun menyelenggarakan seminar AVoER ini. Ini bukan hal yang mudah karena sudah 16 tahun kita melakukan ini tentunya ke depan kita harapkan akan lebih banyak berkontribusi untuk pembangunan Indonesia yang sesungguhnya,” jelas Bhakti.

BACA JUGA:Rektor Unsri Mewisuda 1184 Sarjana, 280 Sarjana Menyandang Predikat Dengan Pujian

Ketua Pelaksana AVoER 16, Dr. Budi Santoso S.T., M.T. dalam laporannya menyampaikan bahwa seminar AvoER 16 tahun 2024 ini menerima 200 makalah yang terdiri dari 169 bidang penelitian dan 31 bidang pengabdian pada masyarakat. Jumlah makalah yang masuk mengalami eskalasi sekitar 64 % dari tahun sebelumnya. Makalah berasal dari berbagai kota di Indonesia selain di Palembang seperti Lampung, Tangerang, Jakarta, Malang, dan Makassar. Di samping institusi pendidikan, makalah AvoER juga berasal dari Perusahaan seperti PT. Pusri, PT. Pertamina Hulu Rokan, PT. PLN , PT. Indonesia Power, PT. Timah, dan Pemkab Muara enim Sumatera Selatan. 

“Pada Seminar AvoER 16 ini peserta banyak berasal dari Program Studi Program Profesi Insinyur Universitas Sriwijaya. Seminar AVoER 16 ini adalah bagian dari Rangkaian Acara dies natalis fakultas teknik yang ke 64 tahun. Di usia yang dinilai cukup matang ini Fakultas Teknik akan terus mengembangkan penelitian yang sesuai dengan 17 butir Sustainable Develeopment Goal , serta meningkatkan peran dalam pengabdian kepada masyarakat. Harapan ke depan, hasil-hasil riset yang dipaparkan dalam seminar ini akan memberikan kontribusi yang signifikan bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta berdampak luas bagi pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

Kategori :