Kenali 8 Cir-ciri Depresi, Apakah Kamu Termasuk?

Minggu 18-06-2023,10:19 WIB
Reporter : Careena Putri
Editor : Dendi Romi

Kenali 8 Ciri-ciri Depresi, Apakah Kamu Termasuk?

oganilir.co - Stres dan depresi mempunyai banyak kesamaan. Namun, ada juga yang membedakan keduanya. Stres adalah keadaan dimana tubuh tidak terbiasa mengalami tekanan fisik dan psikologis. Sedangkan depresi adalah suatu kondisi dimana suasana hati merasakan sedih yang mendalam. 

Penderita depresi biasanya mengalami kehilangan minat dalam melakukan apapun. Jika dibiarkan, depresi dapat membahayakan kesehatan mental.

Menurut Nolen-Hoeksema dan Hilt (2008) depresi adalah sebuah gangguan emosi dan perilaku yang muncul secara bersamaan membentuk pola tertentu. Tingkat keparahan depresi dapat dipengaruhi oleh perbedaan tingkat gejala yang meliputi penyimpangan perilaku beserta perubahan emosi. 

Depresi dapat dialami oleh semua orang. Risiko terkena depresi disebabkan oleh tiga faktor yaitu psikologis, lingkungan, dan faktor genetik. 

Kenali 8 Cir-ciri Depresi, Apakah Kamu Termasuk?

BACA JUGA:Cinta Laura Mengaku Kalau Stresnya Sangat Parah hingga Harus Opname di Rumah Sakit

Berikut 8 Ciri-ciri Depresi

1. Cemas yang Berlebihan

Cemas terhadap suatu keadaan adalah hal yang biasa. Namun, memiliki kecemasan yang berlebihan merupakan salah satu tanda mengalami depresi.

Ada beberapa momen yang dapat menimbulkan depresi, misalnya tingginya beban kerja yang ada di tempat kerja.

2. Kekurangan Percaya Diri

Saat melakukan sesuatu, tentu kita yakin saat melakukannya. Tetapi orang yang kekurangan percaya diri, tidak bisa fokus dalam menentukan apa yang ingin dikembangkan dan cenderung hanya berpusat di masa lalu.

3. Mudah Emosi

Orang penderita depresi biasanya susah mengontrol emosi. Ia akan meluapkan emosi negatif yang dapat memengaruhi kehidupannya, yang berpengaruh juga ke orang lain, serta kesehatan fisiknya.

Kategori :