6 Perusahaan Nasional Ramai-Ramai Bangun Pabrik di Banyuasin, Apa Sih Daya Tariknya?

Kamis 13-07-2023,10:32 WIB
Reporter : Dendi Romi
Editor : Dendi Romi

6 Perusahaan Nasional Ramai-Ramai Bangun Pabrik di Banyuasin, Apa Sih Daya Tariknya?

BANYUASIN, oganilir.co - Sejak otonomi daerah dan berdirinya Kabupaten Banyuasin pascapemekaran dari Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), iklim investasi di daerah tersebut sangat menjanjikan.

 

Betapa tidak, ada 6 perusahaan nasional yang membangun pabriknya di kabupaten berjuluk Sedulang Setudung itu sejak tahun 2003 sampai sekarang. Lima diantaranya terletak di kawasan Jalintim Palembang-Jambi Km 16 dan Km 18, Kecamatan Talang Kelapa.

 

Yakni Pabrik Teh Sosro, Pabrik Teh Pucuk Grup Mayora, Pabrik Sari Roti, Pabrik air mineral Cleo, dan Pabrik air mineral anak perusahaan Aqua Danone, Forme. 

 

Dari lima pabrik perusahaan nasional yang berdiri di Kabupaten Banyuasin, Teh Sosro lebih dulu hadir. Teh Sosro hadir di Kabupaten Banyuasin jauh sebelum daerah itu menjadi daerah otonomi baru (DOB). Yakni sebelum otonomi daerah. Saat itu Teh Sosro menjadi agen distributor di kawasan Km 18 Jalintim Palembang-Betung.

BACA JUGA:Anggaran Pembangunan Jembatan Tanah Kering Banyuasin Rp100 Miliar, Pemkab Sharing dengan Pemprov

 

Kejernihan air dari mata air Sukomoro yang terletak di Jalintim Palembang-Jambi kawasan Km 17-Km 19 menjadi daya tarik perusahaan nasional untuk mendirikan pabrik air mineral. Banyaknya sumber air bahan baku di kawasan Sukomoro menjadi pemikat investor untuk mendirikan pabrik air mineral. 

 

Tak hanya itu, sumber air jernih melimpah itu juga berasal dari kawasan Pasir Putih yang juga terletak di Jalintim Palembang-Jambi Km 17 dan Km 18. Bahkan mobil-mobil tanki yang menjual air bersih ke Palembang, mengambil air dari kawasan Sukomoro dan Pasir Putih.

 

Edyson, salah satu guru di SMAN Banyuasin menuturkan bahwa daya tarik investor nasional mendirikan pabrik air mineral dan makanan di Kabupaten Banyuasin karena bahan baku air di kawasan Sukomoro sangat bagus. Untuk mendapatkan sumber air kualitas bagus dan jernih, tidak harus membuat sumur bor. Cukup sumur tanah atau sumur beton milik masyarakat.

Kategori :