Peringati Hari Mangrove Internasional, AIS Forum Lakukan Penanaman dan Pelatihan di 2 Negara

Senin 31-07-2023,08:07 WIB
Editor : Dendi Romi

Peringati Hari Mangrove Internasional, AIS Forum Lakukan Penanaman dan Pelatihan di 2 Negara

JAKARTA, oganilir.co - Hari Mangrove Internasional diperingati Archipelagic and Island States (AIS) Forum dengan melakukan penanaman dan pelatihan tentang perawatan mangrove.

 

Dua negara terlibat dalam penanaman mangrove tersebut. Yakni Indonesia dan Dominika. Penanaman mangrove dilakukan secara serentak pada 26 Juni 2023 di Indonesia dan Dominika. Berbagai elemen, organisasi, dan komunitas masyarakat dilibatkan dalam penanaman mangrove serentak itu. 

 

Di Jakarta, AIS Forum menyelenggarakan kegiatan penanaman mangrove di Taman Wisata Alam Muara Angke Kapuk. Sementara itu di La Plaine, Dominika, diadakan kegiatan pelatihan tentang pengenalan Indeks Kesehatan Mangrove.

 

"Ini langkah konkret kami dalam menjaga keseimbangan ekosistem pesisir dan mendukung masyarakat lokal. Kegiatan ini menjadi wujud komitmen AIS Forum untuk menjaga keseimbangan ekosistem pesisir,” kata Project Coordinator Sekretariat AIS Forum Riny Modaso dalam keterangannya, Ahad 30 Juli 2023.

BACA JUGA:Dandim 0402 OKI Dampingi Waaster Panglima TNI Tinjau Lokasi Penanaman Mangrove

 

Ekosistem mangrove, lanjut Rini, memiliki peran penting dalam lingkungan dengan memberikan berbagai manfaat, mulai dari mengurangi banjir pesisir, menyaring air hingga mengurangi emisi dan melawan perubahan iklim. Signifikansinya tidak dapat diabaikan, karena mangrove melindungi masyarakat pesisir dan mendukung keanekaragaman hayati laut.

 

Berdasarkan data dari World Economic Forum 2021, secara global, mangrove melindungi lebih dari 15 juta orang dan mencegah lebih dari USD 65 miliar kerusakan properti setiap tahun.

 

Sebagai negara kepulauan, Indonesia dan Dominika tentu saja tidak bisa mengabaikan pentingnya mangrove bagi keberlangsungan ekosistem.

Kategori :