6 Cara Kenali Oli Mesin Palsu dan Asli, Agar Tak Mudah Tertipu

Jumat 04-08-2023,10:00 WIB
Reporter : Karandas
Editor : Karandas

6 Cara Kenali Oli Mesin Palsu dan Asli, Agar Tak Mudah Tertipu

 

oganilir.co - Oli mesin atau pelumas memiliki peran penting bagi kendaraan bermotor. Sebab, pelumas itu berfungsi untuk melumasi mesin supaya bekerja dengan baik dan menjaga suhu mesin agar tetap aman.

Untuk itu penting bagi pemilik kendaraan harus memperhatikan kualitas oli seperti yang asli dan palsu. Oli yang tak sesuai dengan spesifikasi rekomendasi pabrikan, akibatnya bisa membuat performa mesin turun, konsumsi bensin boros, bahkan hingga mesin jebol yang berujung turun mesin.

Untuk mengenali oli motor yang palsu dan asli, perhatikan beberapa poin berikut:

1. Belilah oli dari sumber terpercaya

Pastikan Anda membeli oli dari toko resmi atau distributor yang terpercaya untuk mengurangi risiko mendapatkan produk palsu.

BACA JUGA:8 Cara Mengatasi Motor Mogok Akibat Lewati Banjir

2. Periksa kemasan dan label 

Periksa kemasan oli dengan cermat. Oli asli biasanya memiliki label berkualitas tinggi dengan logo, informasi produk, nomor seri, dan tanggal kadaluarsa yang jelas dan mudah terbaca.

3. Cek stiker hologram atau segel keamanan

Banyak produsen oli menggunakan stiker hologram atau segel keamanan khusus untuk menandai produk asli mereka. Pastikan segel ini tidak rusak atau terlihat palsu.

4. Perhatikan kualitas fisik oli

Oli asli biasanya memiliki warna, aroma, dan tekstur yang konsisten. Jika ada perbedaan yang mencolok, bisa jadi itu adalah tanda oli palsu.

5. Harga yang mencurigakan

Kategori :