10 Langkah Mudah Cara Belajar Mengemudi Mobil Manual

Selasa 29-08-2023,19:00 WIB
Editor : Karandas

10 Langkah Mudah Cara Belajar Mengemudi Mobil Manual

 

oganilir.co - Banyak orang masih kesulitan untuk mengendari mobil yang bertransisi manual, tak heran jika lebih memilih kursus mobil dan merogoh saku cukup dalam.

Jika sebelumnya kita telah memahami skill dasar mengendarai mobil tentunya cukup mudah untuk belajar bermobil. Tapi ada sebagian yang belum samasekali memahami skill dasar mengendarai mobil.

Memahami cara mengemudi mobil manual memang memerlukan waktu dan latihan. Berikut beberapa langkah mudah untuk mempelajarinya:

1. Memahami Bagian-bagian Utama

Kenali bagian-bagian pedal (gas, rem, kopling) dan gigi perseneling. Pahami juga konsol tengah, tuas gigi perseneling, dan setir.

BACA JUGA:7 Tips Memilih Oli Mobil yang Sesuai, Nomor 4 Jangan Sampai Lupa

2. Kenali Posisi Gigi Perseneling

Ketahui posisi gigi perseneling pada tuas. Biasanya, tanda N untuk netral, 1 untuk gigi pertama, dan seterusnya.

3. Kopling dan Gas

Cobalah merasakan titik kopling terlebih dahulu. Dengan kaki di atas kopling, tekan perlahan hingga merasa ada perlawanan, itulah titik kopling. Sambil memegang titik kopling, gunakan kaki lain untuk menahan pedal gas.

4. Memulai Pergerakan

Posisikan gigi perseneling ke netral (N), tekan kopling hingga habis, dan lakukan starter mesin. Setelah itu, tahan pedal kopling, masukkan gigi pertama, dan secara perlahan lepaskan kopling sambil sedikit menekan pedal gas.

5. Pindah Gigi dan Kopling

Kategori :