Punya Sepatu Olahraga? Kenali Tips Merawatnya Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

Rabu 18-10-2023,17:05 WIB
Editor : Iwan

Tips berikutnya yaitu membersihkan secara berkala. Sepatu olahraga harus rajin dibersihkan agar tampilannya tetap bersih setiap kali digunakan. Pembersihan ini tidak hanya mencuci dengan air saja, melainkan dengan pembersihan ringan.

Anda bisa menggunakan lap basah untuk mengelap permukaan sepatu agar lebih bersih. Lalu, selalu gunakan kaos kaki setiap kali menggunakan sepatu agar bagian dalam sepatu tidak mudah berjamur apabila kaki berkeringat. Pastikan bahwa kaki Anda juga selalu dalam keadaan kering ketika menggunakan sepatu. 

4.Simpan di Dalam Kotak Sepatu

Apabila sepatu olahraga tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya disimpan dengan baik agar sepatu tersebut tidak cepat rusak atau berjamur. Selain itu, menyimpan dengan benar tentunya bisa membuat sepatu lebih awet.

Simpan sepatu dalam kotak khusus sepatu, pastikan sepatu sudah dalam keadaan bersih dan benar-benar kering. Sebab, jika masih lembab, bisa menimbulkan tumbuhnya jamur.

Setelah itu, simpan sepatu di dalam lemari dengan rapi. Pastikan Anda menutup dengan rapat kotak sepatu yang digunakan untuk menyimpan sepatu. 

5.Gunakan Silica Gel

Tips terakhir yaitu menggunakan silica gel ketika menyimpan sepatu. Silica gel berfungsi untuk menjaga kelembaban agar tetap kering. Silica gel perlu diletakkan di dalam sepatu atau di dalam kotak sepatu bersamaan dengan sepatu ketika disimpan.

Keberadaan silica gel terbilang sangat penting untuk menjaga sepatu tetap kering dan awet walau disimpan dalam jangka waktu yang lama. Anda cukup meletakkan 1 bungkus silica gel berukuran kecil ke dalam 1 kotak yang berisi sepatu.

Jika perlu, Anda bisa menambahkan kertas tambahan untuk menutupi sepatu. Kertas yang digunakan bisa berupa kertas buram, kertas koran, atau kertas bekas sebagai pelindung primer dari sepatu yang disimpan. 

Dapatkan Sepatu Puma di Blibli

Itu dia pembahasan mengenai tips merawat sepatu olahraga. Dari uraian tersebut, kini Anda sudah mengetahui cara dan tips merawat sepatu olahraga agar tetap awet sepanjang hari.

Perlu diingat bahwa mencuci sepatu sebaiknya dilakukan setidaknya sebulan sekali. Asal jangan terlalu sering mencucinya agar sepatu tidak cepat rusak. Lalu, hindari merendam sepatu karena akan membuat sepatu lebih cepat rusak. 

Anda bisa mendapatkan beragam jenis sepatu olahraga sesuai dengan kebutuhan dari brand Puma di Blibli. Puma menjadi rekomendasi yang tepat untuk Anda memiliki sepatu olahraga berkualitas dan cocok untuk penggunaan olahraga apapun. (*)

Kategori :