7 Cara Mengetahui HP Anda Sedang Disadap, Nomor 2 Wajib Diperiksa

Selasa 24-10-2023,05:00 WIB
Editor : Karandas

7 Cara Mengetahui HP Anda Sedang Disadap, Nomor 2 Wajib Diperiksa

oganilir.co - Handphone (Hp) merupakan alat elektronik yang selalu digunakan oleh setiap orang untuk kebutuhan sehari-hari.

Diera yang serba digital ini tak heran apa bila seseorang menyimpan uang elektrik dan dokumen penting di hp karena mudah di bawa kemana-mana.

Banyak oknum yang tak bertanggung jawab mencoba menyadap hp seseorang untuk mengambil keuntungan pribadi melalui menyebab Malware maupun link phising.

Cara mengetahui apakah hp Anda sedang disadap adalah dengan melakukan langkah-langkah berikut:

BACA JUGA:Hp Buatan Israel ini Dibandrol Seharga Rp200 Juta, Mampu Cegah Penyadapan

1. Perhatikan Perubahan Aneh

Perhatikan apakah hp Anda menunjukkan perilaku aneh, seperti baterai cepat habis, ponsel panas, atau kecepatan kinerja yang menurun secara tiba-tiba.

2. Periksa Aplikasi yang Terinstal

Periksa daftar aplikasi yang terinstal di hp Anda. Lihat apakah ada aplikasi yang mencurigakan atau tidak diinginkan yang tidak Anda kenali. Uninstall jika ada yang mencurigakan.

3. Aktivasi Antivirus

Gunakan aplikasi antivirus yang tepercaya dan jalankan pemindaian untuk mencari malware atau program berbahaya pada hp Anda.

4. Periksa Izin Aplikasi

Periksa izin yang diminta oleh aplikasi yang terinstal. Pastikan aplikasi hanya memiliki akses ke informasi yang benar-benar diperlukan.

BACA JUGA:Samsung Luncurkan Z Fold6, Kamera Utama Jadi Perhatian

Kategori :