Dam Proyek Miliaran Rupiah di Ogan Ilir Ambruk. Ini Penyebabnya ?

Dam Proyek Miliaran Rupiah di Ogan Ilir  Ambruk. Ini Penyebabnya ?

Proyek Dam Penahan Tebing dikawasan Teluk Seruo KPT Tanjung Senai Ogan Ilir ambruk --

Dam Proyek Miliaran Rupiah di Ogan Ilir  Ambruk. Ini Penyebabnya ?

OGANILIR.CO- Proyek pembangunan dam penahan tebing dikawasan Teluk Seruo, persisnya dibelakang Kompleks Perkantoran Terpadu  (KTP)  Senai Indralaya Kabupaten Ogan Ilir ambruk .

Belum jelas penyebabnya, namun belakang ini hujan sempat mengguyuri Bumi Caram Seguguk, sehingga membuat Dam penahan tebing yang katanya baru selesai dikerjakan, ambruk .

Terlihat bongkahan batu-batu besar yang telah tersusun ambruk bersama adukan semennya, tidak ada tanda-tanda akan diperbaiki kembali, karena dilokasi tidak ada satupun petugas dari pihak pelaksana maupun dari PUPR Pemkab Ogan Ilir berada dilokasi .

BACA JUGA:Rumah Ambruk di OKI, Keluarga Sempat Dengar Suara

Sedangkan informasi yang didapat, proyek  pembangunan dam penahan teping bernilai sesuai pagu Rp 3.447.276.324,71 dengan judul Pembangunan Tembok Penahan Teluk Seruo dan penimbunan. Untuk plang proyek sendiri tidak terlihat dilokasi. Informasi lainnya, pengerjaan  proyek tersebut dikerjakan oleh CV Mawar. 

Pantauan dilapangan dam proyek penahan tebing yang ambruk persis diseberang jalan Taman Teluk Seruo milik Pemkab Ogan Ilir . Kondisi dam yang ambruk sekitar 300 meter, dengan tiga titik .

Bila dilihat dari arah Tanjung Senai menuju Desa Burai, dengan posisi sebelah kiri jalan, titik pertama dam yang ambruk sekitar 30 meter, lalu titik kedua 13 Meter, dan titik tiga 17 meter.

BACA JUGA:Jembatan Pelabuhan Nyuh Nusa Penida Bali Tak Sanggup Tahan Turis Langsung Ambruk, 25 Orang Tercebur ke Laut

Tidak hanya itu saja, tanah timbunan bagian dari proyek tersebut yang sudah terlihat mulai memadat , juga ikut longsor akibat dam penahan tebing ambruk .

"Amruknya dam penahan tebing ini, terjadi dua hari lalu yakni Selasa 12 Desember 2023,  dimana dua hari belakangan ini hujan terus menerus ," kata Madon,  yang setiap hari lalu lalang melintasi jalan  tersebut.

Kepala Dinas PUPR Pemkab Ogan Ilir Ruslan SAg ketika dikonfirmasikan  via telpon mengaku sudah mengetahui adanya dam yang ambruk .

BACA JUGA:Sungai Meluap, Jembatan Sungai Ayek Deras Empat Lawang Tak Kuat Lagi Ambruk, Bronjong Baru Juga Ikut Roboh

“Namun untuk lebih jelasnya, silakan hubungi Pak Eko di PUPR, karena dia yang mengetahui secara persis , dan saya saat ini tengah berada diluar kantor ’’pinta Ruslan kepada oganilir.co.

Sumber: