Sortir dan Pelipatan Surat Suara di KPU Ogan Ilir, Diawasi Petugas Pengawas

Sortir dan Pelipatan Surat Suara di KPU Ogan Ilir,  Diawasi Petugas Pengawas

Pekerja tengah melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara --

Sortir dan Pelipatan Surat Suara di KPU Ogan Ilir,  Diawasi Petugas Pengawas 

OGANILIR.CO- Proses sortir dan pelipatan surat suara untuk persiapan pesta demokrasi Pemilu 2024  sudah mulai dilakukan secara serentak disuluruh Kabupaten dan Kota di Sumatera Selatan (Sumsel) sesuai dengan petunjuk KPU Provinsi.

“Kami  saat ini masih terus melakukan sortir dan pelipatan surat suara, yang dimulai sejak 5 Januari hingga 20 Januari 2024,’’kata Ketua KPU Ogan Ilir Masjidah SHi MH, Jumat 12 Januari 2024.

Menurut Masjidah yang baru menjabat sebagai Ketua KPU Ogan Ilir terhitung 9 Januari 2024 lalu , bahwa proses sortir dan pelipatan surat suara , mulai dari surat suara Presiden dan Wakil Presiden, lalu DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten dan Kota.

BACA JUGA:KPU Muratara Terima Logistik Pemilu, Temukan Surat Suara Rusak

“Untuk hari ini kita fokus menyelesaikan  sortir dan pelipatan surat suara DPRD Kabupaten dan Kota, khusus Dapil 1, Ogan Ilir sendiri memiliki 5 dapil,’’kata Masjidah.

Dari hasil sortir dari pelipatan surat suara, memang ditemukan ada surat suara yang tidak layak,’’Namun demikian yang tidak layak, tetap akan dilanjutkan untuk penyortiran kembali,  dan kalau memang masih layak tentu akan digunakan, tapi bila sudah tidak layak, tentu akan kami laporkan ke KPU Provinsi, dan KPU Provinsi akan berkoordinasi dengan penyedia,''jelas Masjidah.

Dalam proses penyortiran dan pelipatan lanjut Masjidah, pihaknya mempekerjakan sebanyak 249 orang ,  mereka ini dibagi menjadi 5 kelompok  sesuai dapil, dan setiap kelompok berjumlah sebanyak 20 orang .

BACA JUGA:Tiga Anggota KPU Ogan Ilir Lolos, Dan Ini Nama Anggota KPU Lainnya di Sumsel

“Dalam proses sortir dan pelipatan, mereka yang bekerja ini harus benar-benar teliti dan jeli , ini dilakukan agar tidak menimbulkan atau memicu permasalahan dikemudian hari, makanya mereka dilakukan pengawasan secara ketat, baik ketika mau istirahat, makan maupun ke toilet , mereka bekerja dimulai pukul 8.00 Wib hingga 17.00 Wib, tentu dibarengi dengan Isoma,’’lanjutnya .

Tidak hanya sebatas itu saja, system pengawasan kepada petugas sortir dan pelipatan dilakukan benar secara melekat baik dari petugas Bawaslu termasuk unsur Kepolisian.

Nantinya tambah Masjidah, setelah selesai penyortiran dan pelipatan dilanjutkan dengan  Packing , namun sebelum  didistribusikan ke 5 dapil, tetap akan disimpan kembali kegudang 1 dan tetap dilakukan pengawasan dan penjagaan oleh pihak terkait (Sid)

Sumber: