Pemkab Banyuasin Gencar Promosikan Taman Nasional Sembilang

Pemkab Banyuasin Gencar Promosikan Taman Nasional Sembilang

Pemkab Banyuasin Gencar promosikan TSN--

Pemkab Banyuasin Gencar Promosikan Taman Nasional Sembilang 

BANYUASIN, oganilir.co - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin gencar mempromosikan Taman Nasional Sembilang guna memperkenalkan keindahan Bumi Sedulang Setudung.

Taman Taman Sembilang diharapkan menjadi wisata andalan Bumi Sedulang Setudung Banyuasin."Kita akan perkenalkan hingga ke pelosok Indonesia, baik itu melalui media sosial dan kegiatan lainnya, " kata PJ Bupati Banyuasin Hani Syopiar Rustam, akhir pekan lalu.

Salah satunya dengan kegiatan penghargaan dalam pameran dan pengumuman Pemenang Lomba Fhoto dan Content Creator Burung Migran di Taman Nasional Sembilang Desa Wisata Sungsang IV Kabupaten Banyuasin yang diadakan di Atrium Utama OPI Mall, Kelurahan Jakabaring, Kecamatan Rambutan, Banyuasin. 

"Sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara, " ujarnya. Kemudian juga lomba ini secara langsung atau tidak langsung memberikan dampak positif bagi masyarakat di sekitar dan menghidupkan budaya serta tradisi sebagai salah satu komoditas wisata budaya lokal agar tetap terjaga kelestariannya.

BACA JUGA:Tegal Binangun Tetap Wilayah Banyuasin

Haji juga mengucapkan selamat bagi pemenang lomba, terus tingkatkan kreatifitas dan terima kasih telah membantu mempromosikan Taman Nasional Sembilang.

Tentunya perlu juga dukungan masyarakat sungsang juga sangat bagus dengan tergelarnya acara ini."Dukungan masyarakat sangat penting, "ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Banyuasin, Yusuf mengatakan kalau hasil lomba photo dan video kreatif Burung Migran akan dipromosikan di Media Sosial (medsos) Pemerintah Kabupaten Banyuasin." Itu bertujuan untuk menarik perhatian wisatawan berkunjung ke Banyuasin, " katanya.

Diketahui, Taman Nasional Sembilang Merbak, yang berada di Kecamatan Banyuasin II, Kabupaten Banyuasin, termasuk kawasan wisata yang paling indah di wilayah Provinsi Sumatera Selatan bahkan di Indonesia, dalam kawasan Taman Nasional Sembilang Merbak itu berbaur berbagai jenis burung.l Apagi pada saat bulan Oktober – Januari, yaitu adanya perpindahan atau burung migran dari Siberia menuju Australia.

BACA JUGA:4 Warga Banyuasin Meninggal Karena DBD, Dinkes Canangkan Gerakan Serentak

Diperkirakan lebih dari 65 jenis burung air yang berkembang biak di lahan basah indonesia khususnya TN Sembilang Merbak (penetap/resident). Selain itu ada sekitar 27 jenis burung yang migran di dataran lumpur Semanjung Banyuasin – TN Sembilang Merbak setiap tahunnya.

Mulai dari jenis burung Trinil pembalik batu, burung pantai, burung kedidi putih, burung kedidi merah, burung kedidi gol – gol, burung kedidi leher merah, burung kedidi besar, burung cerek tilil, burung cerek pasir besar, burung cerek pasar mongolia, burung biru laut ekor blorok, burung biru laut ekor hitam dan lain sebagainya.

Selain itu di kawasan TN Sembilang Merbak yang memiliki luas sekitar 2.051 km2 ini terdapat Harimau Sumatera, Gajah Asia, Tapir Asia, Siamang, Kucing Emas, Rusa Sambar, Buaya Muara, Ikan Sembilang, Penyu Air Tawar Raksasa, Lumba-Lumba Air Tawar.

Sumber: