Inilah Tingkatan Sabuk Beladiri Karate, Tertinggi Sabuk Hitam

Inilah Tingkatan Sabuk Beladiri Karate, Tertinggi Sabuk Hitam

Seorang murid karateka tengah menunjukkan tendangannya --

Inilah Tingkatan Sabuk Beladiri Karate, Tertinggi Sabuk Hitam

OGANILIR.CO-Di dunai ilmu beladari seperti Karate, banyak masyarakat belum tahu bahkan tidak tahu, kalau dalam mempelajari ilmu beladiri ada tingkatan yang harus dijalani.

 Apalagi Karate sendiri merupakan olahraga bela diri yang berasal dari Jepang,  dalam mempelajarinya, tidak hanya sebatas  seni pertahanan diri, tetapi lebih itu, ada unsur yang harus dilakukan yakni perjalanan pribadi untuk mencapai tingkat keahlian yang lebih tinggi.

Salah satu aspek yang menandakan tingkatan ilmu yang telah dipelajari oleh seorang karateka,  bisa dilihat dari sabuk yang mereka kenakan. Dalam dunia karate, tingkatan ini disebut dengan istilah Kyu dan dan.


Tingkatan Sabuk pada beladari Karate--

BACA JUGA:Hadiri Latihan Bersama Perdana INKADO, Pj Wako Palembang Motivasi Karateka Pelajar

Kyu mengacu pada tingkatan murid, sementara Dan adalah tingkatan ahli atau master dalam karate. Untuk mencapai tingkatan Dan, seorang karateka harus melewati sejumlah tingkatan Kyu terlebih dahulu.

Untuk memahami  dan mengetahui tentang tingkatan sabuk dalam karate beserta arti dan perjalanan yang harus dilaluinya, berikut keterangannya.

BACA JUGA:INKADO Palembang Dikukuhkan, Karate Jadi Ekskul di Sekolah

1. Sabuk Putih 

Seorang murid yang berlatih karate dapat dilihat dan dikenali dengan warna sabuknya, adapun sabuk warna putih mengandung arti, murid tersebut berada di tingkat paling dasar.

Dengan menyandang Sabuk putih, maka murid tersebut  menandakan permulaan yang masih bersih dan suci, seperti seorang karateka yang baru memulai perjalanannya. Pada tingkat ini, mereka belajar teknik dasar karate. Untuk naik ke tingkatan selanjutnya, seorang murid  biasanya perlu berlatih setidaknya selama tiga bulan.

BACA JUGA:Ratusan Karateka INKADO Sumsel Ikuti Ujian Kenaikan Sabuk

2. Sabuk Kuning 

Sumber: