IFAB Mengeluarkan Aturan Baru Kartu Biru, ini Contoh Kasusnya

IFAB Mengeluarkan Aturan Baru Kartu Biru, ini Contoh Kasusnya

Kartu biru yang akan diterapkan pada sepak bola profesional. foto: The Telegraph--

IFAB Mengeluarkan Aturan Baru Kartu Biru, ini Contoh Kasusnya

oganilir.co - Sepak bola dunia akan menerapkan jenis hukuman kepada pemain yang melanggar. Kartu biru akan diberikan kepada pemain yang melanggar. 

The Telegraph yang pertama kali memberitakan penggunaan kartu biru bagi pemain sepak bola itu. IFAB selaku Dewan yang menentukan aturan sepak bola akan membuat pengumuman pada hari Jumat terkait penerapan kartu biru yang akan diterapkan ke sepak bola profesional.

Dikutip melalui CBS Sport Sabtu 10 Februari 2024. Namun, reaksi terhadap rencana tersebut tampaknya membuat dewan mendorong keputusan untuk melakukan penundaan yang dilaporkan terjadi setelah FIFA selaku badan pengatur sepak bola dunia mengeluarkan pernyataan pada Kamis yang menentang terkait proposal ini.

BACA JUGA:FIFA Matchday, AS Kalah Atas Jerman 1-3

FIFA nampaknya berbeda pendapat dengan IFAB. Organisasi sepak bola dunia itu mengklaim bahwa penerapan aturan itu akan sulit diterapkan dalam sepak bola tingkat profesional dan menilai penerapan itu masih prematur.

“FIFA ingin mengklarifikasi bahwa laporan yang disebut ‘kartu biru’ di Tingkat elit sepak bola tidak benar dan premature,” tulis akun X FIFA Media

Lebih lanjut, “setiap uji coba seperti itu, jika diterapkan, harus dibatasi pada pengujian secara bertanggung jawab di Tingkat lebih rendah, sebuah posisi ingin diulangi oleh FIFA ketika agenda ini dibahas pada RUPS IFAB tanggal 2 maret nanti.”

Sebelumnya, rencana terkait penerapan kartu biru ini telah disetujui oleh Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional atau IFAB selaku badan yang bertanggung jawab atas hukum dan aturan dalam sepak bola pada sidang yang dilakukan di bulan November 2023.

BACA JUGA:FIFA Matchday, Indonesia Menang 2-0 Atas Turkmenistan

Keputusan itu terjadi setelah melihat uji coba ‘kartu biru’ yang berhasil diterapkan dalam sepak bola amatir dan remaja di Inggris dan Wales. IFAB ingin untuk implementasi tersebut lebih lanjut di tingkat yang lebih tinggi.

Bagaimana cara kerja kartu Biru?

Seorang wasit akan mengeluarkan kartu biru kepada pemain yang melakukan pelanggaran sins atau perbedaan pendapat.

Mereka memberikan contoh dalam hal pelanggaran yang bisa dihukum oleh kartu biru adalah pelanggaran yang dilakukan Giorgino Chiellin dengan menarik baju dari Bukayo Saka hingga dirinya terjatuh ke tanah di Final Euro 2020.

Sumber: