Ini 4 Manfaat Daun Pandan yang Jarang Diketahui, Selain Bikin Harum Masakan

Ini 4 Manfaat Daun Pandan yang Jarang Diketahui, Selain Bikin Harum Masakan

Daun Pandan--

Ini 4 Manfaat Daun Pandan yang Jarang Diketahui, Selain Bikin Harum Masakan

oganilir.co - Daun pandan memiliki aroma yang khas yang sering kali digunakan untuk campuran pada makanan, kue, hingga pewangi ruangan.

Selain digunakan dalam kuliner, daun pandan juga digunakan dalam pengobatan tradisional untuk beberapa manfaat kesehatan, seperti sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan menenangkan.

Nah, berikut sederet manfaat daun pandan, seperti dikutip dari Healthline. 

1. Mengurangi nyeri sendi

BACA JUGA:Ini 3 Manfaat Pare Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Salah satu penyakit yang menyerang jutaan orang di seluruh dunia adalah radang sendi atau artritis. Penyakit ini ditandai dengan nyeri atau kekakuan sendi.

Dalam pengobatan Ayurveda, minyak kelapa yang dicampur dengan daun pandan dipercaya dapat mengurangi nyeri radang sendi.

Caranya dengan mengoleskan minyak tersebut pada bagian yang dirasa nyeri. Efeknya diperkirakan berasal dari minyak yang terdapat dalam daun pandan karena sifat anti-inflamasi yang dimilikinya.

2. Pencegahan penyakit jantung

BACA JUGA:3 Manfaat Ubi Jalar untuk Kesehatan Kulit, Wanita Pasti Suka

Penelitian mendukung klaim yang menyatakan daun pandan baik untuk jantung, seperti mengutip WebMD. Daun pandan merupakan sumber karotenoid yang baik.

Kandungan karotenoid tersebut diketahui dapat mengurangi risiko berkembangnya aterosklerosis atau penyempitan arteri jantung akibat penumpukan plak.

3. Bantu meningkatkan imun tubuh

Pandan merupakan sumber vitamin dan antioksidan yang dikenal dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Sumber: