Bupati Panca Hadiri Business Matching 2024 di Bali

Bupati Panca Hadiri Business Matching 2024 di Bali

Bupati Panca menghadiri Business Matching 2024 di Bali--

Bupati Panca Hadiri Business Matching 2024 di Bali

OGANILIR.CO-Bupati Kabupaten Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar SH ikut menghadiri acara Business Matching 2024, berlangsung  di The Meru Sanur, Denpasar, Kamis 7 Maret 2024.

Acara tersebut dihadiri oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, serta hadir pula secara virtual oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. 

Kegiatan dengan mengusung Tema "Kemandirian Produk Dalam Negeri Menuju Indonesia Emas", merupakan acara  yang digagas oleh Kementerian Perindustrian sebagai upaya untuk memperkenalkan dan mendukung produk nasional, serta peningkatan pembelian dan pemanfaatan Produk Dalam Negeri (PDN) dalam rangka Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan bentuk dukungan pemerintah kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

BACA JUGA:Punya Desain yang Gagah dan Mewah, Ini Harga Sepeda Listrik Edison Inspira

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, terdapat lima sektor yang diberi perhatian khusus yaitu sektor konstruksi, sektor kesehatan, sektor pertahanan, sektor transportasi, sektor pertanian dan perkebunan.

Agus Gumiwang Kartasasmita mengaku jika dalam kegiatan Business Matching 2024 ini tercatat realisasi penyerapan produk dalam negeri mencapai Rp213,68 triliun. 

Menurutnya angka tersebut berasal dari realisasi kementerian/lembaga dan pemerintah daerah sebesar Rp146,94 triliun, serta BUMN sebesar Rp66,74 triliun. 

BACA JUGA:Awal Puasa Beda, Menag Himbau Jaga Toleransi

"Nilai angka ini lebih tinggi, bila dibandingkan pada capaian  tahun lalu hanya mencapai Rp181 triliun. Jumlah ini masih akan terus bertambah dan diharapkan dapat mencapai Rp 250 triliun di akhir triwulan I/2024,”ungkapnya.

Bupati Panca mengatakan, Pemerintah Ogan Ilir siap bersinergi dalam business matching 2024 khususnya di tingkat daerah dengan tema kemandirian produk dalam negeri menuju indonesia emas sesuai intruksi pemerintah pusat.

Menko bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan apresiasi atas komitmen semua pihak untuk mendorong aksi afirmasi belanja produk dalam negeri dalam rangka mendukung gerakan nasional bangga buatan Indonesia. 

BACA JUGA:Pemkab Banyuasin Luncurkan Aplikasi Simpatik Guna Meminimalisir Penyimpangan Pajak

Namun perlu diingat,  agar kegiatan belanja produk dalam negeri ini jangan hanya menghabiskan anggaran saja. Akan tetapi, setiap anggaran yang dikeluarkan untuk belanja produk dalam negeri ini harus yang berkualitas dan efisien.(**)

Sumber: