Musim Rambutan, Mari Kita Kenali Jenis Buah Rambutan

Musim Rambutan, Mari Kita Kenali Jenis Buah Rambutan

Ilustrasi foto buah rambutan--

Musim Rambutan, Mari Kita Kenali Jenis Buah Rambutan

OGANILIR.CO- Saat diberbagai daerah di Indonesia , tengah musim berbagai buah-buahan, mulai dari buah Rambutan, Durian, Manggis, Cempedak dan lainnya .

Artikel kali oganilir.co menampilkan jenis buah rambutan, karena memang buah yang satu ini tengah musim dan ternyata banyak jenisnya .

Dengan banyaknya jenis buah rambuta, maka Anda bisa  berburu jenis rambutan favoritmu, mulai dari rambutan rapiah, rambutan binjai, rambutan aceh, dan masih banyak lagi. 

BACA JUGA:9 Manfaat Buah Rambutan yang Luar Biasa, Wanita Pasti Suka

Khusus di Sumatera Selatan, Kabupaten Ogan Ilir merupakan salah satu daerah penghasil rambutan , bahkan ada Desa yang setiap rumah penduduk yang mempunyai halaman rumah dimanfaatkan untuk menanam pohon rambutan.

Yakni Desa Tanjung Gelam Kecamatan Indralaya, Desa ini disebut juga sebagai Kampung Rambutan  dan warga penduduknya pernah mendapatkan bantuan sebanyak 500 bibit tanaman buah rambutan dari TP PKK Provinsi Sumsel.

Setiap jenis buah  rambutan memiliki rasa dan tekstur yang berbeda-beda. Rambutan lokal di Indonesia juga terdiri dari berbagai jenis. 

“Sampai sekarang ada 20 varietas unggul rambutan di Indonesia, termasuk Binjai, Rapiah dan Garuda,” jelas Peneliti Pusat Kajian Hortikulturan Tropika, IPB, Prof Dr. Sobir yang dilansir dari Kompas.com.


Foto Istimewa --

1. Rambutan rapiah

Rambutan tidak memiliki rambut tebal dan panjang. Namun, rasanya terkenal manis. Selain itu rambutan ini memiliki ciri-ciri buah berbentuk bulat mempunyai pelat, dengan rambut sangat pendek, agak jorong (lonjong), dan kasar. Sedangkan untuk bentuk daunnya, bulat panjang dengan ujung tumpul dan berwarna hijau. 

Rambutan rapiah memiliki rasa manis, legit. Dagingnya tidak melekat di biji, serta sedikit air. 

2. Rambutan binjai

Sumber: