Bobol Rumah Kosong di Muratara, Pencuri Dikepung Warga

Bobol Rumah Kosong di Muratara, Pencuri Dikepung Warga

Tersangka Febri tertangkap tangan warga saat mencuri rumah Alamsyah, Ahad 7 April 2024 pukul 22.00 WIB. --

Bobol Rumah Kosong di Muratara, Pencuri Dikepung Warga

MURATARA, oganilir.co - Masyarakat di Kabupaten Muratara diminta tetap waspada waspada menjelang Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah. Sebab, baru-baru ini warga di Desa Lawang Agung, Kecamatan Rupit, menyergap maling bobol rumah, Ahad 7 April 2024 sekitar pukul 22.00 WIB.

Ya, Lebaran IdulFitri 2024 memang menjadi momentum bagi masyarakat untuk melaksanakan mudik dan berkumpul bersama keluarga. Namun momentum ini sering kali dimanfaatkan maling untuk membobol rumah.

Seorang pencuri yang membobol rumah warga Dsaa Lawang Agung, Kecamatan Rupit, Kabupaten Muratara memergoki aksi maling membobol rumah tengah beraksi. Warga pun sigap bereaksi dengan mengepung sang pencuri di rumah korban yang dibobol lalu beramai-ramai menangkap pelaku. Tidak lupa, warga juga menghadiahkan bogem mentah terhadap pelaku yang saat itu sudah terjepit dan tidak bisa melarikan diri.

Selanjutnya, warga menyerahkan pelaku yang diketahui bernama Febri (25), warga Desa Karang Anyar, Kecamatan  Rupit, Kabupaten Muratara, Sumsel, ke pihak kepolisian yang melakukan pengamanan Pos Pam di Simpang KBM, Kelurahan Muara Rupit, untuk diproses lebih lanjut.

BACA JUGA:Jadi TO Satresnarkoba Polres Muratara, Gajah Pengedar Ineks Ditangkap

Kapolres Muratara AKBP Koko Arianto Wardhani melalui Kasat Reskrim AKP Sopian Hadi membenarkan kejadian itu. Pelaku membobol rumah milik Alamsyah (29), warga Desa Lawang Agung, Kecamatan Rupit. Pelaku pembobol rumah ini diamankan masyarakat, kemudian diserahkan ke anggota Pos Pam Simpang Empatt Rupit, Senin 8 April 2024 sekitar pukul 00.30 WIB.

"Saat ini sudah ditetapkan sebagai tersangka dan sudah ditahan di Polres Muratara," kata Sopian Hadi. Barag bukti yang diamankan berupa satu buah palu, tangga, uang, dan rokok yang dicuri oleh tersangka.

Selanjutnya tersangka dan barang bukti yang diamankan dibawa ke TKP serta diserahkan ke piket Reskrim Polres Muratara untuk pengembangan lebih Lanjut oleh Satreskrim Polres Muratara. 

Sementara itu, Kapolres Muratara AKBP Koko Arianto Wardhani mengimbau agar masyarakat yang hendak mudik dan meninggalkan rumah agar tetap waspada. Warga diminta mengecek seluruh pintu rumah terkunci, dan bila perlu menambahkan kunci ganda. Warga juga diminta untuk menitipkan rumah yang ditinggalkan ke tetangga sekitar.

BACA JUGA:Kasus Oknum Camat Nibung Berlanjut, Kapolres Muratara Janji Libas Pelaku di Perbatasan

"Kalau bisa untuk keamanan gunakan CCTV, supaya bisa melakukan pemantauan secara langsung," imbaunya.

Sumber: