85 Kepala Sekolah di Ogan Ilir Ikuti Bimtek Pemanfaatan Rapor Pendidikan

85 Kepala Sekolah di Ogan Ilir Ikuti Bimtek Pemanfaatan Rapor Pendidikan

Bimtek Pemanfaatan Rapor dikuti para Kepala SMP di Ogan Ilir --

85 Kepala Sekolah di Ogan Ilir Ikuti Bimtek Pemanfaatan Rapor Pendidikan

OGANILIR.CO- Sebanyak  85 Kepala SMP Negeri dan Swasta atau yang mewakili di Kabupaten Ogan Ilir mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemanfaatan Rapor Pendidikan Satuan Pendidikan Dalam Perencanaan Berbasis Data Jenjang SMP Tahun 2024.

Kegiatan berlangsung selama 3 hari, yakni 24-26 April 2024, berlangsung di  Room Hotel Amelia Palembang. Acara dibuka oleh Kadisdikbud Pemkab Ogan Ilir Sayadi SSos MSi.

Acara Bimtek ini menghadirkan para narasumber, seperti  Emilda, SPd., MSi dan Lidya Santika, SSi., MPd dari BPMP Provinsi  Sumatera Selatan.

BACA JUGA:Pendidikan Harus Kedepankan Ahlak

Kegiatan dengan tujuan ini yakani  pemanfaatan data pada platform rapor pendidikan sebagai bentuk intervensi satuan pendidikan terhadap mutu dan capaian pendidikannya dan bertujuan untuk mencapai peningkatan serta perbaikan mutu pendidikan yang berkesinambungan.

Menurut Kadisdikbud Pemkab Ogan Ilir Sayadi mengatakan, Rapor Pendidikan adalah platform yang mengintegrasikan berbagai data pendidikan, terutama data AN (Asesmen Nasional), sehingga menjadi alat ukur komprehensif yang menyajikan kondisi pendidikan Indonesia guna mendorong refleksi dan perbaikan mutu pendidikan.

“AN dapat memotret kualitas hasil belajar, proses, serta lingkungan belajar sebagai refleksi kondisi mutu layanan pendidikan. AN mengukur instrumen kunci seperti Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar), dan Survei Karakter untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah,’’ujar Sayadi.

BACA JUGA:167 Siswa Jalani Pendidikan Polri di SPN Betung

Ketiga instrumen tersebut menjadi kompetensi dasar untuk mendorong pembelajar sepanjang hayat, berkontribusi pada masyarakat, serta mendukung tumbuh kembang peserta didik secara utuh (**)

Sumber: