PWI Sumsel Diprioritaskan PWI Pusat, Gelar Sekolah Jurnalistik Indonesia

PWI Sumsel Diprioritaskan PWI Pusat, Gelar Sekolah Jurnalistik Indonesia

Peserta UKW berfose bersama dengan Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch Bangun usai menutup acara kegiatan UKW di Hotel Beston Palembang--

PWI Sumsel Diprioritaskan PWI Pusat, Gelar Sekolah Jurnalistik Indonesia

OGANILIR.CO- Karena program Sekolah Jurnalistik Indonesia (SJI) lagi di Palembang Sumatera Selatan (Sumsel). Maka Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat akan memprioritaskan SJI digelar di Sumsel .

Informasi dan pernyataan ini disampaikan langsung oleh Ketua Umum  PWI Pusat Hendry Ch Bangun saat menutup acara Uji Kompetensi Wartawan (UKW) PWI Sumsel gelombang 45-46 , dilaksanakan  selama dua hari 26-27 April 2024 di Room Akasia Hotel Beston Palembang.

Menurut Hendry Ch Bangun,  program SJI  akan dilaksanakan di lima Provinsi di luar pulau Jawa dan program SJI merupakan kerja bareng PWI Pusat dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) .

BACA JUGA:6 Anggota PWI Ogan Ilir Lulus UKW Sesuai Tingkatannya

‘’Karena Program SJI lahir di Sumsel, maka PWI Sumsel menjadi prioritas untuk dilaksnakan SJI ini. Jadi silahkan proposalnya dikirim ke PWI Pusat karena Kemendikbud Ristek dan Teknologi siap membiayai,”pinta Hendry, langsung disambut aplus .

Menurut Hendry, SJI merupakan salah satu program unggulan PWI Pusat, yang berpusat di Malang, Dalam prores pelatihannya waktunya  lebih lama. Seperti di Jawa Barat , telah dilakukan pelatihan perkenalan dengan AI (Artificial Intelgent), hal ini sangat berbeda dari sebelumnya.

Dalam sambutannya Hendry sempat menjelaskan terkait gonjang-ganjing mengenai UKW yang didanai BUMN. Menurutnya persoalan itu hanya miss komunikasi saja.

BACA JUGA:Porwanas XIV Kalsel 2024 Pertandingkan 14 Cabor, PWI Pusat Surati Pengurus Provinsi

“Gonjang ganjing itu  kalau dalam sebuah novel ‘Badai Pasti Berlalu’. Itu hanya miss komunikasi,  masalah mekanisme pembiayaan,”terangnya 

Sementara dalam pengumuman hasil UKW yang diikuti 47 peserta , dengan klasifikasi satu kelas Utama, 4 Madya, dan 3 kelas Muda.

Hasil pengumuman UKW yang disampaikan Koordinator Penguji UKW Dr Iskandar Zulkarnain, yang kompeten sebanyak 32 orang alias lulus, lalu belum kompeten 5 orang alias belum lulus, 9 orang tidak hadir dan 1 orang absen.

BACA JUGA:Anggota PWI Ogan Ilir Sumringah, Dapat Paket Sembako dan Minuman

Ketua PWI Sumsel, Kurnaidi ST mengatakan, pihaknya sangat bangga dengan program PWI Pusat karena di Sumsel ini masih banyak wartawan yang belum ikut UKW.

Sumber: