STY Dapat Mobil Listrik Sama dengan Erick Thohir, ini Nama dan Harganya

STY Dapat Mobil Listrik Sama dengan Erick Thohir, ini Nama dan Harganya

STY menerima mobil listrik Hyundai Genesis G80. foto: HMID--

STY Dapat Mobil Listrik Sama dengan Erick Thohir, ini Nama dan Harganya

JAKARTA, oganilir.co - Shin Tae-yong (STY) punya tunggangan baru yang akan menemaninya melakukan aktivitas melatih Tim Nasional Indonesia di Jakarta dan sekitarnya. Shin Tae-yong kini punya mobil baru yang sama dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Ini menjadi mobil listrik pertama yang dipakai STY di Indonesia.

Mobil listrik tersebut diterima STY dari PT Hyundai Motors Indonesia (HMID). Mobil listrik mewah Genesis Electrified G80 Long-Wheelbase diserahkan HMID kepada STY, Selasa 14 Mei 2024.

Menteri BUMN yang juga Ketua Umum PSSI Erick Thohir telah lebih dulu menggunakan mobil tersebut sejak tahun 2022. Mobil listrik Genesis G80 itu terdaftar dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang disampaikan pada 31 Maret 2023 periodik 2022.

BACA JUGA:Usai Makan Bersama Menu Korea, Ketum PSSI Umumkan Perpanjangan Kontrak Shin Tae-yong

Dalam LHKPN tersebut, harga Genesis G80 itu dijual Rp1.673.000.000. Tidak disebutkan apakah mobil milik Erick Thohir itu jenisnya long wheelbase atau bukan. Sebab varian Long Wheelbase, Genesis Electrified G80 memiliki eksterior dengan body wheelbase 20 cm lebih panjang dibanding versi standar.

SYY sejak melatih Timnas Indonesia telah menggunakan mobil Hyundai seperti Staria dan Palisade. Kini pria yang membawa Timnas U-23 ke semifinal Piala Asia U-23 tersebut menggunakan mobil listrik perdana, Genesis G80 Long Wheel Base.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Hyundai atas dukungannya selama ini. Di Indonesia, saya sudah menggunakan dua mobil Hyundai, yaitu Staria dan Palisade untuk membantu mobilitas sehari-hari. Saya harap, Hyundai dapat menjalin kerjasama yang lebih baik dalam mendukung industri sepak bola Indonesia," kata STY.

BACA JUGA:Kalahkan Korsel, Shin Tae-yong Selalu Ditemani Mobil Kekar asal Negaranya, ini Penampakannya

Adapun soal spesifikasinya, mobil listrik ini didatangkan langsung dari Korea Selatan. Mobil listrik ini bisa menempuh jarak hingga 500 km saat baterainya terisi penuh. Untuk mengisi ulang daya, pada pengisian daya rapid charging 800V, mengisi daya dari 10% ke 80 persen hanya perlu 22 menit. Pada kondisi pengecasan normal, mengisi dari 10 persen ke 100 persen memerlukan waktu 9 jam.

Genesis Electrified G80 dibekali baterai lithium-ion kapasitas 87,2 kWh, mobil ini memiliki 2 motor listrik yang diletakkan di bagian depan dan belakang. Artinya, mobil ini memiliki sistem penggerak semua roda alias e-AWD.

Genesis Electrified G80 memiliki tenaga 272 kW atau setara 364,7 dk yang dihasilkan dari 2 motor listrik. Masing-masing motor listrik tersebut bisa menghasilkan torsi 350 Nm. Alhasil, mobil ini memiliki total torsi 700 Nm. Lewat bekal performa tersebut, Genesis Electrified G80 bisa berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam 4,9 detik.

 

Sumber: