1 Jemaah Calon Haji Prabumulih meninggal Dunia

1 Jemaah Calon Haji Prabumulih meninggal Dunia

--

1 Jemaah Calon Haji Prabumulih meninggal Dunia

PRABUMULIH, oganilir.co - Satu orang Jemaah Calon Haji (JCH) asal kota Prabumulih batal berangkat karena meninggal dunia. JCH tersebut, yakni Zamri Anuar Jasuk (72) yang meninggal dunia pada 25 April 2024 lalu.

"Ya, ada seorang jemaah kita yang batal berangkat karena meninggal dunia. Pihak keluarga juga sudah membuat surat permohonan tunda," ujar Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Prabumulih, Hermadi SAg melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU), M Dhafir SAg dibincangi di kantor PHU, Rabu 15 Mei 2024.

Dijelaskan Dhafir, almarhum beralamat di Jalan Hulubalang II, Kota Prabumulih. "Namun, istrinya tetap berangkat," sebutnya mengaku rencananya almarhum akan berangkat menunaikan Ibadah Haji bersama suaminya tersebut.

BACA JUGA:Penumpang LRT Sumsel Membeludak, Asrama Haji Palembang Panen Parkir

Apakah akan dilakukan badal haji? Dhafir menyebutkan, yang bersangkutan belum menjadi tanggungan pemerintah lantaran meninggal saat belum berangkat dan belum masuk asrama haji. "Belum menjadi tanggungan pemerintah, jadi belum ada kewajiban untuk dibadal hajikan oleh Pemerintah," terangnya.

Hanya saja, dia menegaskan bahwa nomor porsi JCH yang meninggal bisa dilimpahkan ke keluarga nya yang lain. "Namun sampai saat ini belum ada permintaan dari keluarga, mengingat jadwal keberangkatan sudah dekat sementara jarak pembuatan visa juga dibatasi," bebernya. 

Sementara itu, jemaah tersebut, pun sudah diberikan semua persiapan mulai dari paspor, visa, koper dan lainnya.

Diketahui, JCH asal kota Prabumulih terbagi dalam dua kloter. Masing-masing, yakni kloter 13 dan kloter 18.

BACA JUGA:Kuota Haji Indonesia Bertambah 221 Ribu, JCH Daftar Tunggu Cepat Berangkat

Untuk kloter 13, kata dia. Jemaah akan masuk asrama tanggal 28 Mei 2024 pukul 10.00 WIB dan berangkat ke Saudi Arabia tanggal 29 Mei 2024 pukul 01.35 dengan rincian 192 JCH Prabumulih yang tergabung di kloter 13 ini, 1 KBIHU (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh), 2 PHD (Petugas Haji Daerah) dengan total jumlah JCH ada 195 orang.

Sementara itu, jemaah haji asal Prabumulih di kloter 18 sebanyak 6 orang. Mereka di kloter 8 akan masuk asrama di tanggal 2 Juni 2024 pukul 19.00 WIB dan berangkat ke Saudi Arabia tanggal 3 Juni 2024 pukul 19.25 WIB. Dengan demikian, ada 201 jemah asa kota Prabumulih yang berangkat di tahun ini (2024, red).

Sumber: