Usai Pelantikan, Panitia Pengawas Kecamatan Ogan Ilir Langsung Ikuti Pembekalan.

Usai Pelantikan, Panitia Pengawas Kecamatan Ogan Ilir  Langsung Ikuti Pembekalan.

Acara pelantikan dan pembekan anggota Panwascam Ogan Ilir --

Usai Pelantikan, Panitia Pengawas Kecamatan Ogan Ilir  Langsung Ikuti Pembekalan.

OGANILIR.CO-Sebanyak 48 anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam ) se-kabupaten Ogan Ilir dilantik oleh Ketua Bawaslu Ogan Ilir Dewi Alhikmah Wati, berlangsung  di The Alts Hotel Palembang, Sabtu, 25 Mei 2024 lalu.

Mereka ini (Panwascam) akan melaksanakan tugasnya dalam pesta demokrasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024.

Acara pelantikan dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Ogan Ilir H. Ardani SH MH, Kapolres  Ogan Ilir AKBP Andi Baso Rahman,  san unsur Forkopimda Ogan Ilir lainnya , Kepala Perangkat Daerah Ogan Ilir, Ketua KPU Ogan Ilir .

BACA JUGA:Askolani Dapat Dukungan dari PKB, ini Jumlah Partai Pendukungnya di Pilkada Banyuasin

Usai Pelantikan, dilanjutkan para anggota Panwascam  mengikuti pembekalan proses pelaksanaan Pilkada.

Wabup H. Ardani mengatakan, demokrasi sebagai sistem politik dan sistem pemerintahan menempatkan kedaulatan berada di tangan rakyat, sehingga dalam sistem demokrasi sejatinya pelaku utamanya adalah rakyat, untuk menjamin agar pemilu berjalan sesuai dengan ketentuan dan asas pemilu, diperlukan suatu pengawalan terhadap jalannya setiap tahapan pemilu.

"Dalam konteks pengawasan pemilu di Indonesia, pengawasan terhadap proses pemilu dilembagakan dengan adanya lembaga badan pengawas pemilu, di tingkat kabupaten dilaksanakan oleh bawaslu kabupaten, sedangkan di tingkat kecamatan dilaksanakan oleh panwascam." Ungkapnya.

BACA JUGA:Bupati Ogan Ilir Tandatangani NPHD Pilkada di Pemprov Sumsel

Wabup  H Ardani menambahkan, pihaknya yakin bahwa tujuan dari pengawasan pemiilu serentak tahun 2024 oleh bawaslu adalah menegakkan integritas, kredibilitas penyelenggara, transparansi penyelenggaraan dan akuntabilitas hasil pemilu, mewujudkan pemilu yang demokratis.

"Kita  memastikan terselenggaranya pemilu secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil dan berkualitas." Ujarnya (**)

 

Sumber: