Antisipasi Kecelakaan, Satlantas Polres Banyuasin Periksa Kelayakan Bus

Antisipasi Kecelakaan, Satlantas Polres Banyuasin Periksa Kelayakan Bus

Satlantas Polres Banyuasin Periksa Kelayakan Bus--

Antisipasi Kecelakaan, Satlantas Polres Banyuasin Periksa Kelayakan Bus

BANYUASIN, oganilir.co - Satu persatu mobil bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dicek oleh anggota Satlantas Polres Banyuasin di Terminal Type A Kecamatan Betung, Banyuasin.

Namun pengecekan itu bukan dilakukan pada barang bawaan penumpang dan lain sebagainya, tapi Ramp Check (pemeriksaan kendaraan layak jalan atau tidak).

"Kita Ramp Check setiap bus AKAP dan AKDP yang melintasi Jalan Lintas Timur, Palembang Betung,"kata Kapolres Banyuasin AKBP Ferly Rosa Putra Sik melalui Kasat Lantas AKP Indrowono.

Alhasil dari Ramp Check terhadap bus atau angkutan tersebut, tidak ditemukan persoalan atau permasalahan sama sekali."Sehingga bus atau angkutan itu layak jalan,"bebernya.

BACA JUGA:Pj Bupati Banyuasin Panggil Plt Direktur PDAM Tirta Betuah, Ingatkan 5 Poin

Ramp check adalah pemeriksaan kendaraan layak jalan atau tidak, dan merupakan pemeriksaan standar yang menunjukan suatu kendaraan itu layak fungsi dengan baik atau semua fungsi pada kendaraan berfungsi secara normal."Mulai dari rem, lampu - lampu, ban, wiper, apar, segitiga pengaman dan lain sebagainya,"ungkapnya.

Pengecekan itu dilakukan oleh Satlantas Polres Banyuasin bersama Anggota Dinas Perhubungan Kabupaten Banyuasin."Kita sama sama turun dan cek,"imbuhnya.

Total ada 20 bus atau angkutan yang telah di cek, tidak hanya di Terminal Type A Betung tapi juga di pool bus seperti PO Harapan Jaya KM 14.

Jika memang nantinya ditemukan ada bus/angkutan tidak layak jalan, tentunya pihaknya akan mengandangkan sementara waktu di Terminal Type A Betung untuk dilakukan perbaikan dan lain sebagainya.

BACA JUGA:Pemkab Banyuasin Bakal Segera Bangun Jalan Poros Kecamatan Air Salek

Oleh karena itu pihaknya meminta kepada pool Bus/angkutan agar sebelum mengangkut penumpang baik ke antar provinsi atau kota untuk mengecek mesin kendaraan mulai dari rem dan lain sebagainya."Ini rutin kita laksanakan,"tegasnya.

Tentunya pemeriksaan ini mengantisipasi terjadi kecelakaan seperti yang terjadi pada Bus Trans Putera Fajar yang mengangkut rombongan pelajar SMK Lingga Kencana, Depok, di kawasan Ciater, Subang, Jawa Barat, Sabtu (11/5) malam."Jangan sampai seperti kejadian di Subang," pungkasnya.

Sumber: