Desa Palemraya Mulai Kekeringan, Polsek Indralaya Suplai Air Bersih

Desa Palemraya Mulai Kekeringan, Polsek Indralaya Suplai Air Bersih

Polsek Indralaya Suplay Air Bersih warga Desa Palemraya--

Desa Palemraya Mulai Kekeringan, Polsek Indralaya Suplai Air Bersih

OGANILIR.CO-Dampat perubahan cuaca ekstrim dalam beberapa minggu ini di berbagai wilayah di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), membuat beberapa wilayah mulai kekeringan, termasuk di Kabupaten Ogan Ilir.

Desa Palemraya Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir , langganan setiap tahunnya bila dimusim kemarau, warganya mengalami kesulitan air bersih.

Akibatnya masyarakat Desa Palemraya mulai merasakan  kekurangan air bersih dalam memenuhi kebutuhan. Adanya informasi tersebut anggota babinkamtibmas Polsek Indralaya dengan respek yang cukup cepat kemudian langsung merespon keluhan masyarakat tersebut.

BACA JUGA:Gunakan Water Canon, Salurkan Bantuan Air Bersih Kepada Warga yang Terdampak Pemadaman Listrik

Dengan kemampuan dan potensi yang ada Polsek Indralaya langsung mengambil langkah untuk kemudian  membagikan serta  mendisribusikan air bersih kewarga Desa Palemraya agar warga setempat mendapatkan bantuan air bersih untuk keperluan sehari-harinya.

Bantuan air bersih diberikan sebanyak 15.300 liter ini, diserahkan langsung oleh Kapolsek Indralaya AKP Junardi .SH kepada warga dan dihadiri perangkat Desa Palemraya,pada Kamis 6 Juni 2024.

Dengan adanya ketersediaan air bersih bagi warga, diharapkan dapat menunjang  kesehatan masyarakat karena air yang  bersih dan higienis sangat dibutuhkan oleh manusia dalam kebutuhan sehari-hari.

BACA JUGA:Bantu Masyarakat, Polsek Air Sugihan Distribusikan Air Bersih

Kapolsek Indralaya Akp Junardi .SH,Melalui Kanit Binmas Polsek Indralaya  Aiptu Esky mengatakan cuaca ekstrem beberapa hari ini  membuat Desa Palemraya yang masuk dalam  wilayah hukum Polsek Indralaya kekurangan air bersih dan mengalami cuaca yang sangat panas dan kering.

“Dalam  menunjang kebutuhan air bersih, Polri memberikan bantuan dua tangki air bersih bagi warga terdampak,” ujar Kapolsek Indralaya.

Terkait situasi kamtibmas di wilayah terdampak kemarau ia menjelaskan situasi masih sangat  terkendali. Polri  bersama sejumlah personel gabungan dari TNI, perangkat desa, Balai Besar Wilayah Ogan Ilir dari Dirjen Sumber Daya Air, BPBD Ogan Ilir dan relawan juga masih siaga dilokasi desa.

BACA JUGA:CSR Bank Sumsel Babel Bantu Pasokan Air Bersih untuk Warga Desa dan Pesantren

Dan yang sangat penting disampaikan oleh Kapolsek Indralaya  beserta babinkamtibmasnya agar warga tetap siaga terhadap terjadinya kebakaran hutan dan lahan, termasuk tidak menutup kemungkinan terjadinya kebakaran rumah, untuk itu pada kesempatan bertemu masyarakat Kapolsek berpesan supaya masyarakat yang berkebun ataupun membuka lahan pertanian untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan, karena perbuatan tersebut sangat berdampak bagi lingkungan hidup, merugikan bagi kesehatan serta melanggar aturan pemerintah dan hukum  yang berlaku.(**)

Sumber: