Pj Wako Prabumulih Tegaskan Mobil Operasional Kades Bisa Digunakan Warga

Pj Wako Prabumulih Tegaskan Mobil Operasional Kades Bisa Digunakan Warga

H Elman. foto: dian/SEG--

Pj Wako Prabumulih Tegaskan Mobil Operasional Kades Bisa Digunakan Warga

PRABUMULIH, oganilir.co - Dalam waktu dekat, mobil operasional desa yang sempat "menggegerkan" warga kota Prabumulih bakal segera dipasang stiker. Hal itu diungkap Pj Wali Kota Prabumulih H Elman ST MM dibincangi usai menghadiri kegiatan HUT Bhayangkara ke-78 di Polres Prabumulih, Senin 1 Juli 2024.

"Itu kan mobil operasional desa, jadi tetap akan dibuat (stiker)," kata Elman seraya mengatakan stiker sedang dibuat dan dalam waktu dekat bakal segera ditempel.

Dia mencontohkan, misalnya bertuliskan Mobil Operasional Desa Jungai, Mobil Operasional Desa Sungai Medang, dan lainnya.

"Memang mobil operasional desa itu setiap warga bisa memanfaatkannya," sambungnya mengaku setiap desa masih minim fasilitas dan tidak bisa tertampung oleh kendaraan pribadi kades.

BACA JUGA:Selewengkan Dana Desa, 1 Kades di OKI DItahan, Satu Buron

"Misalnya ada warga yang sakit, warga yang hajatan ataupun anak-anaknya baru pulang atau hendak kemana bisa menggunakan mobil desa," tegasnya seraya mengatakan mobil itu bukan mobil Pak Kades melainkan mobil operasional desa.

Diberitakan sebelumnya, kebahagiaan berlipat kini dirasakan para Kepala Desa (Kades) di Prabumulih. Pasalnya, sebanyak 12 Kades usai menerima perpanjangan SK oleh Pj Wali Kota Prabumulih beberapa waktu lalu, juga mendapatkan mobil dinas.

Rupanya, kendaraan Dinas jenis Toyota Rush warna hitam tersebut, dibawa langsung oleh para Kades yang mengambil perpanjangan SK.

Penjabat Wali Kota Prabumulih H Elman ST MM dikonfirmasi tak menampik, mobil dinas baru yang masih berpelat putih tersebut merupakan mobil operasional desa. "Mobil baru itu, mobil operasional desa," kata Elman.

BACA JUGA:307 Kades di OKI Diperpanjang Masa Jabatannya Hingga 2027

Ditanya mengenai sumber anggaran, suami Hj Windriana ini menuturkan pembelian mobil baru bersumber dari APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah). "Dana APBD, dari ADD kita," ucapnya.

Dia menegaskan, mobil dinas itu untuk menunjang keperluan desa dan masyarakat yang ada di Desa. "Jadi mensupport kalau ada keperluaan orang sakit, atau seluruh keperluan," ucapnya.

Terlebih ungkap dia, sejumlah desa di Kota Prabumulih jaraknya cukup jauh sehingga memerlukan kendaraan mobil. "Seperti kita tahu, Desa Talang Batu, Sinar Rambang itu jaraknya jauh. Jadi itu untuk mobil operasional desa," tukasnya. 

Sumber: