Pastikan Pencegahan Karhutla, Kapolsek Tulung Selapan Sambangi PT Samora

Pastikan Pencegahan Karhutla, Kapolsek Tulung Selapan Sambangi PT Samora

Budhi Santoso mengecek kesiapan PT Samora, Selasa 9 Juli 2024.--

Pastikan Pencegahan Karhutla, Kapolsek Tulung Selapan Sambangi PT Samora

KAYUAGUNG, oganilir.co - Antisipasi terhadap kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten OKI mulai dilakukan. Salah satunya dengan mengecek sarana dan prasarana hingga petugas Regu Pemadam Kebakaran PT Samora yang dilakukan Kapolsek Tulung Selapan, Selasa 9 Juli 2024.

Kapolsek Tulung Selapan AKP Budhi Santoso mengatakan,  pihaknya langsung  mendatangi Kantor PT Samora Usaha Jaya, Desa Simpang Tiga, Kecamatan Tulung Selapan untuk memastikan kesiapan perusahaan.

"Hasilnya memang semua sudah disiapkan oleh pihak perusahaan," kata Budhi Santoso, Rabu 10 Juli 2024.

Ada berbagai  kegiatan mitigasi yang dilakukan mulai dari  rapat koordinasi dengan pihak PT Samora Usaha Jaya terkait upaya pencegahan terjadinya kebakaran lahan karena cuaca sudah mendekati musim kemarau.

BACA JUGA:Muara Kuang Ogan Ilir, Siap-Siap Hadapi Karhutla.

Kemudian, memastikan kesiapan dari PT Samora Usaha Jaya, khususnya team RPK serta kesiapan peralatan pemadam kebakaran yg sdh dipersiapkan oleh pihak perusahaan. Melaksanakan patroli bersama dgn pihak perusahaan guna mengantisipasi terjadinya kebakaran lahan di areal perkebunan PT Samora Usaha Jaya.

Melakukan pemeriksaan menara pantau api serta embung yg ada di seputaran areal PT Samora Usaha Jaya Divisi Tulung Selapan.

"Alhamdulillah hasilnya sesuai harapan dan semoga hingga nanti sudah masuknya musim kemarau hingga berakhirnya musim kemarau nanti," ujarnya.

Dari hasil kegiatan Mitigasi Karhutlah tsb ditemukan menara pantau api kondisi kayu tiang dalam keadaan baik sehingga petugas aman apabila akan melakukan pemantauan titik api. Embung dengan jumlah 15 titik yang tersebar di area kebun,  saat ini volume ar dalam keadaan aman dan biasanya musim kemarau tiba sebagian air embung akan mengering.

BACA JUGA:Kapolres Ogan Ilir : Waspada Karhutla Sudah Di Depan Mata.

"Selama patroli bersama, sementara nihil  adanya titik hotspot atau asap," imbuhnya.

Ditambahkannya, berbagai upaya sebelumnya juga sudah dilakukan dengan meminta  agar petugas RPK PT Samora, tetap menjaga kesehatan serta keselamatan saat bekerja serta meningkatkan disiplin dan sigap tanggap saat terjadinya Karhutla

Menghimbau pihak perusahaan untuk segera mengeruk embung yang sudah surut, sebelum musim kemarau tiba sehingga dpt menampung air dalam jumlah yang banyak.

Sumber: