Informasi DBD, Puskesmas Indralaya Tanggap, Langsung Lakukan PE

Informasi DBD, Puskesmas Indralaya Tanggap, Langsung Lakukan PE

Petugas Puskesmas Indralaya melakukan Penyelidikan Epidemiologi --

Informasi DBD, Puskesmas Indralaya Tanggap, Langsung Lakukan PE

OGANILIR.CO-Adanya informasi di masyarakat, warga di kawasan Perumahan Komplek Persada Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir diduga terjangkit Demam Berdarah Dengue (DBD)

Pihak Puskesmas Indralaya langsung tanggap dan  melakukan langkah Penyelidikan Epidemiologi (PE) DBD didaerah yang diduga terjangkit DBD

“Ketika menerima informasi adanya laporan masyarakat terkena DBD, Pagi tadi petugas Kami langsung melakukan langkah preventif yakni Penyelidikan Epidemiologi,’’kata Plt Kepala Puskesmas Indralaya  Rika Dian Heriyanti SKM MM, Kamis ,25 Juli 2024.

BACA JUGA:Waspada DBD, Kadinkes Banyuasin Himbau Galakkan PSN

Dijelaskan Rika, PE sendiri merupakan pencarian penderita atau tersangka DBD lainnya dan pemeriksaan jentik di tempat tinggal penderita dan rumah sekitarnya termasuk tempat-tempat umum dalam radius sekurang-kurangnya 100  meter yang dilakukan pada saat penderita berada di tempat tersebut.

“Inilah yang kami lakukan saat mendapat informasi ada penderita  atau Tersangka DBD, dengan melakukan PE, Ngecek jentik-jentik nyamuk di 10 rumah kiri dan kanan dari pasien’’lanjut Rika.

Usai melakukan penelusuran terhadap latar belakang penderita DBD, pihaknya juga melakukan diagnosis, tempat tinggal, riwayat perjalanan, termasuk kegiatan sehari-hari.

BACA JUGA:Cegah DBD, Pj Bupati Muba Galakkan Jumat Bersih

“Sore harinya petugas kami langsung melakukan  fogging alias pengasapan, sebagai langkah antisipasi penyebaran nyamuk Aedes Aegypti,’’tutur Rika.


Fogging --

Seperti diketahui, informasi menyebutkan, ada 4 warga di Komplek Perumahan Persada Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, diduga  terjangkit DBD.

Rati (35 tahun) warga komplek Persada menyebutkan,  didekat rumah pasien tersebut ada halaman kosong sedikit seperti hutan dan aliran parit yang tergenang.

BACA JUGA:Pasien DBD Meningkat Dua Kali Lipat, Sehingga Bed Penuh Terpaksa Gunakan Ruangan IGD

Sumber: