Hadapi Karhutla, Polda Sumsel Siapkan 34 Mesin Pompa, Mampu Jangkau 1500 Meter

Hadapi Karhutla, Polda Sumsel Siapkan 34 Mesin Pompa, Mampu Jangkau 1500 Meter

Kapolda Sumsel Cek Peralatan karhutla --

Hadapi Karhutla, Polda Sumsel Siapkan 34 Mesin Pompa, Mampu Jangkau 1500 Meter

OGANILIR.CO-PALEMBANG -Polda Sumatera  Selatan (Sumsel) sepertinya sudah siap dengan peralatan dan perlengkapan personel yang akan diterjunkan kelapangan membantu memadamkan api kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Alhamdulillah kita sudah memiliki 34 unit mesin pompa air, yang terbaru ini ada 2 unit yang memiliki kekuatan lumayan besar, bisa menjangkau hingga jarak 1500 meter atau 50 gulung selang,” kata Kapolda Sumsel Irjen A Rachmad Wibowo.

Menurut Kapolda Sumsel, berdasarkan pengalaman ditahun lalu, personelnya kesulitan bertindak dilapangan karena tidak memiliki peralatan dan perlengkapan yang memadai.

BACA JUGA:Jumlah Minim, Kontingen Olimpiade Palestina Disambut Pendukung di Bandara Paris

“Alhamdulillah sekali lagi, Kita baru saja menerima hibah berupa 5 unit pompa dan 2 diantaranya memiliki kemampuan untuk menyemprotkan air hingga sejauh 1500 meter,” imbuhnya .

Didampingi Wakapolda Brigjen M Zulkarnaen dan beberapa pejabat utama Polda, terlihat Kapolda memeriksa satu persatu peralatan pemadam api seperti 2 unit Watson Pump Kit MK-3 WTS, 3 unit Mini Sticker Pump MSTR-P GXH 50, 3 unit Suction House MK-150-8, 3 unit Foot Valve and Strainer KOC- BS1561, 3 unit Nozzle Combination UNI -1575 MI, 3 unit Hose Key B-2066, 3 unit Female FA-4 Qc, 10 unit Waterax Hose Weeping EX-187-IWP, 3 unit Wye Gated Connector, 2 unit Fuel Air Transport Tank With Qc FA-552Q, 2 unit Fuel Line12-401 B-NSC, 2 unit Nozzle Combination UNI-1575 MI, 2 unit Foot Valve and Strainer B-5258 dan 2 unit Suction Hose. 

BACA JUGA:Sambangi Kementerian ESDM, Pj Bupati OKI Lobi Pemasangan Jargas

Tidak hanya fokus pada peralatan saja, perlengkapan personel juga tak luput dari perhatiannya. Sebanyak 50 set Alat Pelindung Diri (APD) yang disiapkan oleh Biro Logistik Polda Sumsel terdiri dari masker, kacamata, sarung tangan, kepyok termasuk jet shooter dan ransel diperiksa untuk memastikan dapat berfungsi dengan baik saat dipergunakan.

“Kita sudah cek semuanya baik peralatan dan perlengkapan (ADP), ini terkait dengan kesiapan pelatihan besok. Sebanyak 200 personel (termasuk Bintara baru) akan kita bekali pengetahuan dan tehnik memadamkan api karhutla dengan instruktur dari Manggala Agni. Jadi semua personel kita bekali dengan peralatan, ini akan diuji cobakan dalam pelatihan besok,” tuturnya.

“Tujuannya adalah personel memiliki bekal pengetahuan dan ketrampilan dan saat nantinya diterjunkan kelapangan dengan bekal peralatan dan perlengkapan yang memadai, maka tugas akan terlaksana secara maksimal,” lanjutnya.

BACA JUGA:Audiensi dengan Pj Wali Kota, Ketua KONI Palembang Minta Dukungan Pelaksanaan Porkot

Kapolda menerangkan dalam latihan tersebut tidak hanya diikuti personel Polri saja, sebanyak 50 persoenl TNI juga akan bergabung pelatihan tersebut.

Sementara itu Kabid Humas Kombes Sunarto mengatakan beberapa daerah saat ini rawan terjadi karhutla, namun petugas dilapangan sudah siaga. 

Sumber: