Persiapan Matang, PSM Unsri Raih Gold dan Silver BICF 2024

Persiapan Matang, PSM Unsri Raih Gold dan Silver BICF 2024

Belisario Choir saat membawakan lagu Gending Sriwijaya. foto: istimewa--

PALEMBANG, oganilir.co - Nama Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Unsri atau yang dikenal dengan nama Belisario Choir mendunia dengan diraihnya pestasi di ajang Bali International Choir Festival (BICF) ke-13 2024 yang digelar di Balai Budaya Giri Nata Mandala Puspem, Badung, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali pada 23-27 Juli 2024. 

Betapa tidak, BICF 2024 diikuti oleh 13 negara dan 117 peserta dari 20 provinsi di Indonesia bersaing dalam menampilkan keindahan, kemerduan, dan kekompakan suara.

Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) PSM Unsri atau Belisario Choir, Franklin menuturkan bahwa 13 negara yang mengikuti BICF 2024 itu terdiri dari Amerika Serikat (AS), Selandia Baru, China, Korea Selatan, Sri Lanka, Slovenia, Afrika Selatan, Malaysia, Filipina, Vietnam, Thailand, dan Singapura. 

"Selain diikuti oleh 13 negara, 20 provinsi grup paduan suara di Indonesia juga ikut. Total ada 117 peserta," kata Franklin saat dihubungi oganilir.co, Sabtu 3 Agustus 2024.

BACA JUGA:Unsri-Unib Sepakat Kerjasama Bidang Pendidikan

Adapun 20 provinsi yang ikut BICF 2024, tambah Franklin, terdiri dari Bali, Jawa Timur, DIY, Jateng, Sumatera Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, dan beberapa provinsi lainnya di Indonesia. 

"Hanpir seluruh provinsi di Pulau Jawa mengutus wakilnya dan grup paduan suaranya tidak harus berstatus mahasiswa. Ada juga grupnya berasal dari SMA dan umum," ujar Franklin.

Lagu yang dilombakan, lanjut Franklin, kategori Folklore berhasil meraih medali emas atau gold. Yakni Gending Sriwijaya arr Ken Steven dan Tari Indang arr Muhammad Arif Aminuddin. Sedangkan kategori pop dan jazz Broken Vow arransemen Amillio Fahlevi dan Never Enough arransemen Tom Anderson. 

"Hanya dua kategori lagu yang dilombakan. Kita bersyukur meraih dua medali," imbuh Franklin.

Latihan yang dilaksanakan sebelum mengikuti BICF 2024, jelas Franklin, PSM Unsri melakukan persiapan selama enam bulan. Seminggu lima kali latihan di Palembang dan Indralaya. Sekali latihan butuh waktu antara 4-5 jam. 

BACA JUGA:Bhakti Yudho Gantikan Joni Arliansyah Jabat Dekan FT Unsri

"Kami dilatih oleh Pak Edi Purnomo dan dua alumni PSM Unsri, Kak Raihan Rabani dan Kak Syukron Makmun," jelasnya.

Atas nama Belisario Choir, dia menyampaikan terima kasih kepada Rektor Unsri Prof Dr Taufiq Marwa yang telah mengeluarkan anggaran untuk keberangkatan PSM Unsri, Bank SumselBabel, Rumah Kebaikan Nusantara, RS dr AK Gani, dan alumni PSM Unsri yang sudah memberikan dukungan moril dan materiil. 

Sumber: