Ini Prosesi dan Rute Kirab Bendera Merah Putih-Teks Proklamasi Dibawa ke IKN dari Jakarta

Ini Prosesi dan Rute Kirab Bendera Merah Putih-Teks Proklamasi Dibawa ke IKN dari Jakarta

Anggota Purna Paskibraka 2023 membawa Bendera Merah Putih dan Teks Proklamasi dari Monas menuju IKN. foto: detik.com--

JAKARTA, oganilir.co - Hari ini Sabtu 10 Agustus 2024 kirab bendera Merah Putih serta teks proklamasi kemerdekaan dimulai dari Jakarta menuju Ibu Kota Nusantara (IKN). Start dimulai dari Monumen Nasional (Monas), Jakarta. 

Prosesi kirab diawali dengan penyerahan bendera Merah Putih oleh Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada Tim Purna Paskibraka.

Tim Purna Paskibraka 2023 bertugas sebagai pembawa bendera Merah Putih adalah Kachina Ozora dari Provinsi Kalimantan Tengah. Sementara itu, Keyla Azzahra Purnama dari Provinsi Sumatera Selatan bertugas sebagai pembawa teks proklamasi.

Selanjutnya, bendera dan teks proklamasi tersebut akan dibawa menggunakan kendaraan taktis (rantis) Maung dengan iring-iringan dari Paskibraka DKI Jakarta, pasukan berkuda, hingga marching band.

BACA JUGA:Pelajar-Pegawai di OKI Meriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-79

Sebagai informasi, pada tahun-tahun sebelumnya, bendera Merah Putih dan teks proklamasi dibawa dari Monas langsung ke Istana Merdeka. Pada tahun ini prosesi kirab akan berlangsung lebih panjang.

Kemudian, iring-iringan tersebut akan menuju Jl Thamrin, Bundaran HI, Jl Gatot Subroto, Cawang, hingga Bandara Halim Perdanakusuma. Setelah itu, langsung diterbangkan ke IKN menggunakan pesawat Boeing TNI AU.

Setibanya di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, bendera dan teks proklamasi akan dibawa ke Istana Negara di IKN.

Purna Paskibraka 2023 yang bertugas membawa bendera Merah Putih yakni Naila Aulita Alqubra Sinapoy dari Provinsi Banten. Adapun bertugas sebagai pembawa teks proklamasi adalah Lilly Wenda dari Provinsi Papua Pegunungan.

BACA JUGA:Spektakuler, Panjat 78 Batang Pinang HUT Kemerdekaan RI

Prosesi ini merupakan pertama kali dalam sejarah. Karena untuk pertama kalinya bendera Merah Putih dan teks proklamasi dikirab ke IKN.

Prosesi kirab ini tidak hanya menjadi simbol penghormatan terhadap sejarah dan perjuangan bangsa, tetapi juga menggambarkan tekad untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Selain itu, sebagaimana disampaikan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, kirab ini juga merupakan simbol kebersamaan dan sinergi antara DKI Jakarta dan Ibu Kota Nusantara.

"Bendera Merah Putih dan teks proklamasi akan tiba di IKN pada hari yang sama yakni 10 Agustus 2024. Nantinya, bendera tersebut akan diserahkan oleh Presiden Joko Widodo kepada Paskibraka untuk dikibarkan di Istana Negara IKN pada 17 Agustus 2024 mendatang," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana, dalam keterangannya.

 

Sumber: