Karhutla Terjadi di OKI, ini Lokasinya

Karhutla Terjadi di OKI, ini Lokasinya

Manggala Agni berjibaku memadamkan karhutla. --

KAYUAGUNG, oganilir.co - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) mulai mengintai. Sejak Senin (12/8) hingga hari ini Selasa (13/8) tim dari Manggala Agni Daops Sumatera XVII masih melakukan pemadaman lanjutan.

Kepala Manggala Agni Daops Sumatera XVII, Edi Satriawan mengungkapkan, karhutla terjadi di lahan gambut Desa Tanjung Sari 2, Kecamatan Lempuing Jaya.

"Lahan gambut dengan vegetasi  karet, semak belukar, dan brondong," kata Edi Satriawan,  Selasa 13 Agustus 2024.

Lahan yang terbakar tersebut, lanjutnya, milik masyarakat. Untuk melakukan pemadaman, pihaknya mengandalkan kanal dan berkoordinasi dengan  pihak PT Sampoerna Agro Jaya.

BACA JUGA:Cegah Karhutla, Polres Prabumulih Berdayakan Bhabinkamtibmas Sosialisasi

Tim melakukan pemadaman di aliran  api dan mapping up di areal hijau dan hitam dengan menurunkan satu unit mobil operasional pengangkut, mesin Waterak Mini Staiker  sebanyak satu unit dan peralatan pendukung lainnya.

"Pemadaman yang berhasil dipadamkan seluas satu hektar tapi jumlah luas lahan yang terbakar belum diketahui karena petugas masih akan berjibaku memadamkan api," ujarnya.

Lokasinya jauh dari pemukiman masyarakat  semoga hari ini api dapat dipadamkan . Melihat kondisi saat ini memang sudah tidak lagi terjadi hujan sementara permukaan air yang berada di lahan gambut sudah surut.

Ini yang harus dilakukan agar lahan gambut yang terbakar ini bisa segera dipadamkan dan memastikan api memang betul-betul padam.

BACA JUGA:2 Jam Lebih Personel Gabungan Lakukan Mitigasi dan Padamkan Karhutla di Desa Sungai Rambutan Ogan Ilir

"Butuh waktu cukup lama jika gambut sudah terbakar, karena asapnya sangat tebal," bebernya.

Apalagi saat ini tidak turun hujan potensi karhutla bisa terjadi peningkatan. Karena permukaan air yang berada di lahan gambut sudah jauh berkurang. Semoga saja tim hari ini bisa melakukan pemadaman di lahan tersebut.

Sumber: