Pendaftaran Semakin Dekat, Jumlah Pasangan Cakada di Prabumulih Belum Bisa Ditebak

Pendaftaran Semakin Dekat, Jumlah Pasangan Cakada di Prabumulih Belum Bisa Ditebak

Dipe Anom--

PRABUMULIH, oganilir.co - Pendaftaran Calon Kepala Daerah (Cakada) semakin dekat. Kendati demikian, jumlah pasangan Calon Kepala Daerah (Cakada) di kota nanas belum bisa ditebak. 

Apakah bakal Head to Head atau berlayar bersama tiga pasangan calon ? Semuanya masih tanda tanya.

Pasalnya saat ini, baru muncul dua pasangan calon yang dipastikan bakal maju berlayar. Keduanya, pasangan Laky (Arlan-Franky) yang digadang-digadang sudah mendapatkan dukungan dari Gerindra (5 kursi), PAN (2 kursi), Hanura (2 kursi), PBB (1 kursi). Ada pula dukungan dari partai Garuda, partai Umat, Gelora, Partai Buruh, dan PKN.

Pasangan selanjutnya, yakni Ber-Gema (bersama Ngesti-Mat Amin) yang sudah mendapatkan dukungan dari Demokrat (5 kursi), PKS (4 kursi), Nasdem (1 kursi) dan PPP (2 kursi).

BACA JUGA:Paskibraka Kota Prabumulih Dikukuhkan, Jumlahnya Lebih Ramping dari Muba

BACA JUGA:SPBU di Prabumulih Terkontaminasi Air, Banyak Kendaraan Mogok

Lalu, kemanakah arah dukungan Partai Golkar (4 kursi) dan PDI-Perjuangan (4 kursi) ?

Sejauh ini, dua parpol tersebut masih menggaungkan slogan Berfikir yakni Bersama Fikri dan Syamdakir. Diketahui, Fikri merupakan Kader PDI-P dan lama mengemban amanah sebagai Ketua PDI-P Prabumulih dan saat ini sudah menjadi pengurus PDI-P Sumsel. 

Fikri, juga dikenal cukup matang di dunia politik. Hal itu terbukti dari jabatannya sebagai Wakil Walikota Prabumulih dua periode (berpasangan dengan H Ridho Yahya) dan juga pernah menjabat Ketua DPRD Kota Prabumulih.

Lalu, Syamdakir sendiri, merupakan putra daerah Prabumulih yang saat ini diberikan amanah sebagai Ketua Golkar Prabumulih. Hanya saja, pria yang terdaftar sebagai calon legislatif (Caleg) DPRD Kota Prabumulih 2024-2029 itu, belum berkesempatan mendapatkan kursi empuk DPRD.

BACA JUGA:Satpol PP Prabumulih Hapus Coretan Bekas Karnaval

BACA JUGA:Apel Siaga Pemenangan PKS Kota Prabumulih di Hadiri 400 Kader dari struktur pengurus DPD/DPC

Artinya, dua partai tersebut akan menjadi penentu jumlah pasangan calon kepala daerah di kota nanas. Hal itu mengingat 22 kursi partai sudah menyatakan dukungan dan hanya Golkar (4 kursi) dan PDI-P (4 kursi) yang belum menyatakan dukungan dari total 30 kursi di DPRD periode 2024-2029.

Ketua PDI-P kota Prabumulih, Dipe Anom dikonfirmasi usai mengikuti rangkaian kegiatan HUT RI di Rumah Dinas Wali Kota Prabumulih menyebutkan, beberapa daerah yang belum diumumkan dukungannya akan menyusul. "Yang pasti dibawah tanggal 25 sudah diumumkan. Sehari sebelum pendaftaran sudah keluar semua," sebutnya.

Sumber: