1.278.000 Kendraaan Lintasi Tol Trans Sumtaera Pemudik Nataru

1.278.000 Kendraaan Lintasi Tol Trans Sumtaera Pemudik Nataru

kendaraan melintas di Gerbang Tol (Dok)--

        SUMATRA, OGANILIR.CO-PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) mencatat sebanyak total 1.278.000 kendaraan melintas di seluruh ruas yang berada di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) pada momen natal tahun 2022 dan tahun baru  2023.

“Pendataan tersebut dimulai tanggal 18 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023 . Angka tersebut merupakan akumulasi dari 9 ruas yang telah dioperasikan,’’kata  Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro, Rabu 4 Januari 2023

Adapun ke 9 ruas  yang telah dioperasikan, yakni Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter), Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (Terpeka), Palembang – Indralaya (Palindra), Bengkulu – Taba Penanjung, Pekanbaru – Dumai (Permai), Pekanbaru – Bangkinang, Medan – Binjai, Binjai – Stabat dan Sigli – Banda Aceh (Seksi 2, 3  & 4).

Dikatakan Koentjoro, bahwa trafik tersebut mengalami pertumbuhan hingga 120 % jika dibandingkan momen Nataru tahun lalu.

BACA JUGA:Hutama Karya, Wujudkan Tol Hijau dan Ramah Lingkungan, Dengan “Tentara Hitam”

“Persenan tersebut diluar dari trafik Tol Pekanbaru - Bangkinang dan Tol Bengkulu – Taba Penanjung yang baru beroperasi di tahun ini kami perkirakan peningkatan trafik ini dipengaruhi oleh kelonggaran kebijakan PPKM,” tutur Koentjoro.

Lebih lanjut, Koentjoro juga menambahkan bahwa jalan tol yang memiliki pertumbuhan trafik paling tinggi selama momen Nataru ini yaitu Tol Sigli - Banda Aceh dengan kenaikan pertumbuhan hingga 281%.

“Sesuai prediksi, tol ini menjadi yang memiliki pertumbuhan paling tinggi dimana sebelumnya  pada Nataru tahun lalu sebanyak 10 Ribu kendaraan, tahun ini bertambah menjadi hampir 30  Ribu kendaraan. Pertumbuhan tersebut diperkirakan dampak dari tersambungnya seksi baru di tahun ini yaitu seksi 2 (Seulimeum - Jantho),” tambah Koentjoro.

Adapun selama arus balik hingga (02/01/2023) kemarin juga tercatat cukup seimbang dengan  banyaknya kendaraan arus mudik.  “Untuk kendaraan yang melintas ke arah balik tercatat lebih dari 1.286.752 kendaraan. Dengan  demikian berarti pemudik yang melakukan perjalanan balik cukup seimbang dan sesuai dengan berakhirnya libur Cuti Bersama Nataru 2022/2023.” terang Koentjoro.

Dengan penerapan strategi dan antisipasi yang telah disiapkan oleh seluruh petugas, arus mudik  dan arus balik Nataru di jalan tol yang dikelola oleh Hutama Karya berjalan dengan lancar  , sesuai prediksi, berbagai program baru seperti Direktur HK menyapa Pemudik di gerbang tol  & rest area, operasi simpatik pembagian souvenir kepada Pemudik, penyediaan pos kesehatan gratis dan pengoperasian secara fungsional Tol Tebing Tinggi - Parapat yang dikelola oleh PT  Hutama Marga Waskita juga dilakukan demi mengoptimalkan pelayanan mudik Nataru tahun  ini.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang membantu kelancaran momen  Nataru tahun ini, dari mulai Kepolisian, TNI AD, BPNP, Dinas Perhubungan, ASDP, Pemprov  daerah setempat dan instansi lainnya atas kerjasamanya sehingga arus Nataru 2022/2023 ini di JTTS berlangsung dengan seru dengan minim hambatan bagi seluruh pemudik.” tutup  Koentjoro (**)

Sumber: