Pelajar SMAN 1 Indralaya Utara Gelar P5

Pelajar SMAN 1 Indralaya Utara Gelar P5

SMAN 1 Indralaya Utara melaksanakan P5--

OGANILIR.CO-Pelajar SMAN 1 Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Tahun Pelajaran 2024/2025 melaksanakan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Selasa 15 Oktober 2024.

Kegiatan P5 dibuka langsung oleh Kepala Sekolah (KS) SMAN 1 Indralaya Utara Drs  Thohir Hamidi MSi. Acara dihadiri para dewan guru, Mahasiswa Unsri yang melaksanakan  PPL  dan para pelajar dari Kelas   X, XI dan XII dan dipandu oleh 3 siswi yang menjadi MC dengan menggunakan tiga bahasa, Bahasa Indonesia, Inggris dan Arab.

Wakil Koordinator P5 SMAN 1 Indralaya Utara Fetty Wulandari  dalam sambutannya mengatakan, kegiatan dengan mengusung Kelas Berbagi P5 ini dengan mengambil Tema  yakni Kelas X dan XI : Bhinneka Tunggal Ika, Kelas XII :  Suara Demokrasi.

BACA JUGA:Siswa SMAN 1 Indralaya Utara Ikuti Bimbel Tes Masuk TNI/Polri dan Kedinasan

Dijelaskan Fetty Wulandari,  kegiatan P5 ini bagian dari sarana  untuk menumbuhkan kapasitas dan membangun karakter luhur sebagaimana yang dijabarkan dalam profil pelajar Pancasila.

“P5 ini dirancang sedemikian rupa untuk membentuk karakter keberhasilan peserta didik sehingga dapat melakukan penyelidikan, menyelesaikan masalah, dan membuat keputusan,’’katanya 

Dimana di para pelajar SMAN 1 Indralaya dapat mengikuti materi P5 diberikan selama  2 jam selama 4 hari, semisal cara membaca, menulis Alquran dengan benar , sedangkan suara demokrasi sendiri seperti proses pemilihan ketua Osis dan kegiatan lainnya.

BACA JUGA:Siswa SMAN 1 Indralaya Utara Ikuti Tes Urine, Kerjasama dengan BNN Ogan Ilir

“Kami sebagai koordinator P5, memberikan apresiasi kepada Kepala Sekolah, Seluruh Dewan Guru, para siswa yang telah mendukung sepenuhnya kegiatan P5 ini,’’ucapnya .

Kepala Sekolah (KS) SMAN 1 Indralaya Utara Drs  Thohir Hamidi MSi mengatakan, membangun anak anak agar bisa memiliki jiwa besar, tentu indikator untuk  tidak henti-hentinya selalu mengingatkan rasa jiwa besar, karena ini bagian dari P5.

“Kegiatan yang dilaksanakan ini (P5) merupakan kegiatan yang luar biasa, karena banyak hal-hal yang bisa dikembangkan dan dievaluasi sehingga pada akhir semester akan  mendapatkan yang bermanfaat,’’kata Drs Thohir Hamidi.

BACA JUGA:Tiga Hari Siswa Baru SMAN 1 Indralaya Utara Ikuti MPLS

Makanya kegiatan P5 ini adalah memberikan ruang kepada pelajar untuk berkompetensi, dan kalau ini tidak digunakan dan dimanfaatkan , maka hanya tinggal harapan .

“P5 ini  untuk menginvestigasi diri kalian sampai mampu mencari  solusi pemecahan masalah, selain itu akan menjadi manusia peka terhadap lingkungan dan diri sendiri, sehingga pada gilirannya nanti timbul ide kreatif dari prinsip P5,’’lanjut Thohir Hamidi.

Sumber: