Dinas Perikanan Ogan Ilir Tebar 1,2 Juta Benih Ikan ke Sungai

Dinas Perikanan Ogan Ilir Tebar 1,2 Juta Benih Ikan ke Sungai

Penebaran benih ikan di Sungai Kelekar oleh Plh Sekda Ogan Ilir M Thahir Ritonga Kadin Perikanan Drs Bustanul Arifin, Unsur Forkopimda --

OGANILIR.CO-Dinas Perikanan Pemkab Ogan Ilir , menebar sebanyak 1,2 juta benih ikan ke beberapa sungai diwilayah  Kabupaten Ogan Ilir.

Penebaran benih ikan tersebut, dilakukan usai melaksanakan  restocking dan penyerahan Bantuan sarana perikanan di Balai Benih Induk (BBI)  lokal Indralaya, Selasa 15 Oktober 2024.

Kepala Dinas Perikanan Pemkab Ogan Ilir, Drs  Bustanul Arifin mengatakan, penebaran sebanyak  1,2 juta benih ikan  tersebut , untuk restocking -ikan di sungai.

BACA JUGA:Berkas Korupsi Kades Harimau Tandang Ogan Ilir Lanjut Ke Kejari

"Kegiatan restocking, Kami laksanakan setiap tahun, baik  di sungai, rawa di Kabupaten Ogan Ilir,"kata Bustanul Arifin.

Adapun benih  ikan yang ditebar ke sungai dan rawa di Kabupaten Ogan Ilir, berupa ikan patin, gabus  betok, tebakang dan jelawat.

Dikatakan Bustanul Arifin, penebaran benih ikan sebanyak 1,2 juta tersebut merupakan restocking terbesar di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) bahkan bisa jadi terbesar  di Indonesia. 

BACA JUGA:Alami Lakalantas, Sekdes Rejodadi Meninggal Dunia

"Restocking yang kami lakukan bisa jadi terbesar di Indonesia, sebab di daerah lain , penebaran ikan masih di angka ratusan ribu,"ungkapnya.

Menurut Bustanul Arifin, tujuan restocking yang dilaksanakan ini, untuk mengembalikan lagi populasi ikan yang ada di sungai di Kabupaten Ogan Ilir, dimana habitatnya mulai berkurang .

"Insya Allah, dengan restocking ini bisa meningkatkan kembali populasi  ikan yang lebih banyak," harapnya

BACA JUGA:Pemkab Muba-Kodim 0401 Gelar Lomba Lari 10K-Fun Run, Hadiah Puluhan Juta, Catat Tanggalnya

Masih kata Bustanul Arifin, pihaknya berharap kepada seluruh kepala desa yang hadir dalam kegiatan tersebut, dapat membantu dan  mengantisipasi adanya ilegal fishing. 

"Ilegal fishing yang sering kita dengar telah merusak populasi ikan di sungai, ini yang harus kita bersama-sama mencegahnya,"pintanya .

Sumber: