Baterai Tower Seluler dan Lampu Jalan di Muratara jadi Sasaran Pencuri

Baterai Tower Seluler dan Lampu Jalan di Muratara jadi Sasaran Pencuri

Lampu jalan di sekitar gerbang Kabupaten Murataa maupun baterai tower s kerPelular jadi sasaran pencuri. Foto : izul/oganilir.co.--

MURATARA, OGANILIR.CO -Aksi pencurian baterai tower provider selular di wilayah Kabupaten MURATARA, marak terjadi.

Kondisi itu mengakibatkan, setiap terjadinya pemadamam arus listrik, seluruh sinyal telekomunikasi di wilayah ini mendadak hilang.

Padahal, kebutuhan jaringan sinyal telekomunikasi merupakan sesuatu yang sangat penting bagi masyarakat luas. Namun sayang, kondisi itu tidak berlaku di wilayah Kabupaten Muratara.

Pasalnya, tower pemancar sinyal telekomunikasi diwilayah ini sering menjadi sasaran empuk aksi pencuri.

Baterai pemancar sinyal, baut tower, hingga besi tower sering dicuri oknum yang tidak bertanggung jawab.

Yadi, warga Kecamatan Rupit Kabupaten Muratara, Minggu 19 Februari 2023 menuturkan, kalau mati lampu di Muratara pasti sinyal hilang. “Jangankan tower telekomunikasi, lampu jalan juga dicuri” katanya.

Menurutnya, untuk harga baterai tower khusus pemancar sinyal terbilang cukup mahal, dan harganya mencapai puluhan juta.

Namun di wilayah ini, sering didapati informasi warga yang kedapatan menjual baterai itu dengan harga relatif lebih murah.

“Paling dijual Rp500-600 ribu dijual cepat, tower rusak sinyal ilang. Yang maling dapat duit langsung meli sabu,” keluhnya.

Laporan aksi pencurian terhadap fasilitas publik tidak hanya sekali dua kali terpantau di Kabupaten Muratara, mulai dari tower pemancar sinyal, lampu jalan, besi pagar, hingga seng atap pasar kalangan. (zul)

 

 

 

Sumber: