Bayar Listrik Mahal, Ini Tips Agar Bayar Listrik Lebih Murah

Bayar Listrik Mahal, Ini Tips Agar Bayar Listrik Lebih Murah

Colok Listrik , cara ini tidak dibenarkan--

OGAN ILIR, OGANILIR.CO-Para ibu rumah tangga sering mengeluh tiap bulannya, terjadi pembengkakan pembayaran iuran rekening listrik.

Mereka mengaku sudah melakukan langkah-langkah untuk menurunkan penggunaan daya listrik,   agar pembayaran rekening listrik lebih murah. Seperti memadamkan lampu penerangan saat malam hari,  mematikan televisi ketika tidak ditonton, atau dengan berbagai cara lainnya. Tapi tetap saja iuran rekening listrik tiap bulan tinggi.

Asisten Manager Jaringan dan Konstruksi PLN UP3 Ogan Ilir Firdaus Setiawan memberikan tips agar pembayaran listrik lebih hemat.

BACA JUGA:Tak Perlu Sewa Genset, PLN Sediakan Layanan Listrik Sementara untuk Pesta, Cukup Lewat Aplikasi PLN Mobile

BACA JUGA:Polisi Selidiki Kebakaran Gedung PLN Unit Induk Wilayah S2JB, Karyawan Sebagian Kerja WFH

Menurut Firdaus Setiawan, pelanggan harus lihat bebannya dan upayakan yang sifatnya ada lilitan. Seperti Mesin Cuci,Kipas Angin , Televisi.

“Sebaiknya kalau alat eletronik itu tidak digunakan atau sudah digunakan, kabel sebaiknya dilepas dari colokan,’’kata Firdaus.

Dikatakan Firdaus, kebanyakan para pelanggan listrik, ketika sudah mencuci,  mematikan kipas angin atau sudah menonton televisi, hanya dimatikan saja melalui remote.

BACA JUGA:Mahasiswa Unsri Boleh Pinjam Sepeda Listrik di Rektorat, Cukup Tinggalkan KPM, Tapi Hanya Boleh Pakai 20 Menit

“Kalau kabel barang elektronik tetap dicolok, maka otomatis masih akan memakan beban, makanya harus dicabut kabelnya dari cilokan,’’terangnya.

Kemudian langkah lainnya lanjut Firdaus , agar pelanggan menghindari  colokan satu untuk semua ,’’Maksudnya jangan sampai 1 colokan,   semua alat elektronik mulai dari Televisi, Kipas Angin, Setrika, termasuk cas Hp , numpuk jadi satu,’’tuturnya.

Sedangkan  bila pelanggan rumahnya menggunakan AC, jangan sampai ruangan AC terbuka pintunya , agar kompresor AC tidak bekerja terus  dan pada akhirnya memakan watt listrik.

BACA JUGA:Mahasiswa Unsri Dimanjakan Sepeda Listrik dan Manual, Unsri Menuju Kampus yang Green, Eco, Edu and Agro Campus

Tips lainnya , jangan menggunakan kabel sound untuk colokan listrik , karena beda kualitas ,’’Dan satu lagi colokan kendor untuk menghidupkan beban listrik watt besar juga berpengaruh, jadi colokan jangan sampai oblag atau longgar’’terangnya .

Nah kalau semua langkah tersebut sudah dilakukan dan iuran listrik masih tetap mahal, maka harus dicek instalasinya,’’Ada yang konslet ke bumi tidak, atau kabelnya kekecilan yang dipasang dirumah,’’tutupnya (sid)

 

Sumber: